▪AQUASCAPE : TREND HOBBY IN NEW NORMAL LIFE▪


Kurang lebih udah lima bulan kita terjebak di huru-hara dunia paling mengejutkan abad ini, Covid 19. Rasanya udah bosen aja sekarang tuh nyebutin nama memorable itu. Wajar donk sekian bulan daily activities semua orang berubah total. Yang biasa ngantor, ngajar, outing, kerja, main, ngemall, nonton di bioskop tetiba sekarang semua pekerjaan dilakuin dari rumah. Wahhh setahan apa kalian dengan stres yang melanda? 

Kini mencari hobi baru demi mengurangi kepenatan di rumah aja lazim dilakukan orang-orang. Sama seperti kebanyakan orang aku juga demikian. Pada akhirnya mencari pelampiasan stress karena stay at home benar-benar dibutuhkan. Alternatifnya bisa belajar baking kue, merawat tanaman hias atau mencari hewan yang bisa dijadiin peliharaan. Dan Aquascape ikan hias jadi pilihanku memulai hobi baru.

Trend Hobi Baru di Era Pandemi
Awalnya aku yang males ribet ini cuman ikut-ikutan adik yang emang udah lama suka sama Aquascape. Lama-lama jadi suka dan serius merawatnya. Dari membersihkan, menata ekosistemnya, memilih ikan, memilih tanaman hidup, hang filter, aerator dan segala item aquascape yang ternyata baru ngeh banyak juga. Aku juga sedikit-sedikit jadi belajar ilmunya karena ternyata Aquascape lain lohh dengan Aquarium. 


Surprise karena ternyata di masa pandemi ini ternyata bukan aku aja yang 'nyemplung' dadakan cinta sama ikan hias.
Ternyata trend hobi Aquascape meningkat di masa pandemi ini. Salah satunya selain karena relatif lebih mudah dan bersih, merawat ikan hias itu bisa menjadi hobi yang sekaligus healing.

Perbedaan Akuarium dan Aquascape
Jangan mengira akuarium dan aquascape adalah sebuah kegiatan yang sama. Aquascape adalah seni memelihara ikan hias dan seluruh biota yang terdapat di dalam sebuah wadah secara estetik. Perawatan aquascape lebih rumit dan detail karena seluruh ekosistem di dalamnya mesti dirawat, seperti tanamannya, terumbu karangnya, pasirnya, pemberian pupuk, kadar  hingga suhu air (akuarium air laut) dan lain-lain.
Sementara akuarium biasa hanya terpusat pada pemeliharaan ikan hias. Karena pemeliharaanya yang lebih mudah hobi akuarium lebih cocok untuk para  pemula. 


Aquascape As A Hobby for Healing Heart
Yeass! Terbukti sebagian besar orang yang mengaku stres dan jenuh karena banyak di rumah aja merasa lebih tenang dan senang saat memandangi akuarium ikan hias yang indah. Untuk yang punya kamar pribadi boleh dicoba tipsnya. Simpan akuarium di atas meja. Saat tidur nyalakan aroma terapi, matikan lampu kamar biarkan cahaya hanya dari lampu akuarium saja. Sambil rebahan santai sebelum tidur coba perhatikan ikan-ikan cantik yang lagi mondar mandir di air yang bening diantara batu karang dan tumbuhan hijau dengan hamparan kerikil warna warni di bagian dasarnya, dijamin rileks juga tenang karena semua jenuh terasa lepas pelan-pelan dan tidur jadi nyenyak.

Selamat mencoba hobi baru merawat aquascape ikan hias.

Tulisan ini adalah kolaborasiku dengan Bandung Hijab Blogger



Comments

  1. Benar ini, tetiba saja, tetanggaku ada yang beli akuarium plus ikan hiasnya.
    Stres dan jenuh karena banyak di rumah aja terobati katanya. Merasa lebih tenang dan senang saat memandangi akuarium ikan hias yang indah di rumah. Kalau aku jadi hobi bertanam bunga dan sayur di masa new normal ini

    ReplyDelete
  2. Membayangkan melihat ikan-ikan kecil berenang, suara air, dan cahaya redup dari aquascape, duh ini aja bikin relaks. :)

    ReplyDelete
  3. bener banget babyak yang hobby memelihara ikan, ada juga bunga, slagi itu positif mari kita dukung.

    ReplyDelete
  4. bagus nih aquascape. jadi lebih memahami kehidupan dunia air laut atau tawar walaupun dalam lingkup yang kecil.

    ReplyDelete
  5. Karena ada aquarium nya di rumah, saya suka beli nih kalo ke jalan kerapitan bandung, tapi pas ke luar kota Ngga ada yang ngurus, rusak deh, ikannya mati 😢😢😢

    ReplyDelete
  6. Kubaru tau klo ad penyebutan aquascape...biasanya sy hnya menyebut aquarium mau besar atau kecil hahah

    ReplyDelete
  7. aku juga tertarik mba sama aquascape ini, seru aja kalo bisa natanya jadi bagus banget dan menghibur banget sih, buat terapi rileksasi kalo lg stress

    ReplyDelete
  8. Baru tahu ada istilah aquascape. Keren juga ya, Mbak. Bisa buat refreshing kalau lagi nggak ada ide nulis.

    ReplyDelete
  9. Hobi baru yang menyenangkan yes...kayaknya di perlukan ekstra kesabaran karena bener-bener harus bikin nilai estetikanya. Mantuul

    ReplyDelete
  10. Emm..baca ini keinget ma obrolah suami ma anak-anakku kemarin yang mau melihara ikan. Kalau beneran jadi, mereka bakal berburu pernak-pernik aquascape kayak gini.

    ReplyDelete
  11. Alhamrhum bapak mertuaku yang hobi aquascape. Kalau aku cuma sebatas punya peliharaan ikan dalam aquarium model toples gede gitu haha
    Harus lebih telaten dan banyak ilmunya kalau aquascape ya.

    ReplyDelete
  12. Bisa ada aromaterapi nya juga ya, jadi merileksasi kita yang berada di dekatnya. Belum.pernah daku mencoba aquascape ini

    ReplyDelete
  13. Bener banget mbak. Aku juga klo pas suntuk gitu liat ikan2 ama gemericik air langsung fresshh

    ReplyDelete
  14. Saya pengen buat bbrp bulan lalu, tp ga jadi, kata istri tar ga ke urus hehe
    Kayaknya saya harus yakinkan lagi

    ReplyDelete
  15. Ya ampun ke mana aja saya selama ini baru ngeh ada istilah Aquascape. Padahal udah sering lihat tuh akuarium yang isinya komplit sama tanaman dan lainnya di dalamnya. Tapi benerbener baru tahu kalau perawatan menyeluruh dalam satu kotak itu berkaitan dengan yang namanya Aquascape.

    ReplyDelete
  16. Aku ikutan hobby ikan hias juga kak, tapi belom lakuin yang dibahas di sini, musti dimulai nih! Beli aquarium yang agak kecil dl kali yah.. duh gak sabar mau cobain! Weekend inu coba jajan aquarium ah! Makasi sharingnya! Love it!

    ReplyDelete
  17. Melihat ikan berenang dan mendengarkan suara airnya emang healing banget ya Mbak. Sayangnya aku kurang telaten, nanti pada mati ikannya, gak ada tempat juga sih hehehe... Ku masih menekuni hobi lama membaca buku di masa pandemi ini, lumayan timbunan mulai berkurang.





    ReplyDelete
  18. Cantik bangett.. Liat ginian otw pengen pelihara nih. Hehehehe tapi ga telaten piara hewan. Tapi ngeliat ikan bisa bikin suasana hati jadi adem ayem.

    ReplyDelete
  19. Emng lebih rumit juga, dirumah ada aquarium kecil aja,, aku suka keteteran ngurusnya hehe,,tapi lumyan lah obat pucing liat ikan yg g pnah tidur

    ReplyDelete
  20. Keren banget beb hobby barunya. Dulu ada temen kantor yg usahanya bikin aquascape buat di kantor2 ato rumah pribadi. Denger ceritanya tampak rumit banget ya banyak printilannya dan harus telaten merawatnya.

    ReplyDelete
  21. Orang orang jadi pada nyari hobi baru ya. Sekarang aku juga mencari hobi baru, cuma aku pilih berkebun. Beli tanaman tanaman kecil terus ditanam. Tapi ada yang mati juga haha.

    ReplyDelete
  22. Wah dulu padahal suka banget dengan ikan di akuarium tetapi gara2 punya anak banyak akhirnya sering 'dihancurkan' oleh tangan tangan kreatif mereka hehe..akhirnya sejak itu jadi engga lagi. Skrg anak2 sudah besar mulai ada keinginan lagi tapi nanti dulu deh budgetnya banyak buat anak2 sekolah hehe...

    ReplyDelete
  23. Pengen banget melakukan hobi yang satu ini. Tapi, untuk saat ini belum bisa. Keponakanku lagi aktif2nya. Kalau nampak ikan2 hias yang imut2 kayak gitu, auto pengen dipegang selalu.😄

    ReplyDelete
  24. Aquaacape makin mempercantik tampilan rumah ya th...aku juga suka🤩

    ReplyDelete
  25. Kalau di Bandung beli ikannya di Jalan Muara itu yah?

    ReplyDelete
  26. Pengen banget mulai nyoba aquascape, tp ak masih belum ngerti ttg perawatannya huhu cantik yaaa pasti bikin rileks juga

    ReplyDelete
  27. Hobi yang menarik. Jarang-jarang loh ada yg punya hobi aquascape gini. Lanjutkan😁

    ReplyDelete
  28. Sedih aku mah bikin aquascape nya gagal terus..rumputnya mati semua wkwk

    ReplyDelete
  29. Aquascape ini tuh emang hobby emnarik banget ya. anak-anak suka lihat ikan-ikannya, orang tua senang menata aqua scapenya. cocoklah.

    ReplyDelete

Post a Comment