Mengenal Istilah Chungmuro Actors, Chungmuro Blue Chips, Hallyu Stars Hingga Rookie Di Industri Film Korea

Di industri hiburan Korea Selatan terutama dunia seni peran ada beberpa hal yang harus kamu tahu sebagai penggemar drakor nih. Salah satunya adalah gelar status level karir sang aktor atau aktris. Ini seperti grade dari kemampuan ekting yang biasanya menjamin karya-karya mereka akan sukses atau tidak. 

Setidaknya ada empat gelar informal atau grade aktor senior grade A hingga aktor pendatang baru. Mulai dari Artis Chungmoro, Chungmoro Blue Print, The Hallyu Star dan Rookie Star. Kaja Yeorobun! kita bahas satu-satu gelar tersebut berikut beberapa artis yang masuk dalam kategorinya. 


1. Chungmuro


Chungmoro merupaakan para aktor film yang dihormati di Korea Selatan karena kemampuan akting dan dedikasinya pada film yang diluar nalar. Chungmuro Artist adalah title atau gelar untuk aktor yang berkarir di film yang berhasil memenangkan banyak penghargaan karena akting mereka.

Sebagian besar karya mereka telah banyak penghargaan internasional dan masuk dalam jajaran film box office. Meski popularitasnya tidak terlalu terkenal secara global, tapi aktor chungmuro selalu mengantarkan film mereka ke ajang penghargaan bertaraf internasional.

Simpelnya Chungmuro adalah kasta tertinggi peraktoran di industri seni peran korea. Aktor dan aktris yang bergelar Chungmuro adalah aktor dan aktris senior yang terbilang jarang mengeluarkan karya tapi sekali comeback semua dilibas dan pasti meledak. 

Chungmuro sendiri adalah nama sebuah kawasan pusat kebudayaan tertua di Korea yang telah ada sejak zaman Joseon. Di kawasan ini pula terdapat sebuah teater film yang pertamaberdiri di Korea Selatan.Kini kawasan Chungmoro menjadi kawasan industri film Korea.

Chungmuro berasal dari kata 'Chungmugong' yang artinya subjek kesetiaan yang dinamai oleh Laksamana Yi Sun Shin. Sementara gelar sebagai aktor Chungmoro kepada aktor hebat diberikan oleh para kritikus film, jurnalis dan pengamat industri seni peran.

Menariknyaa, meski banyak aktor telah berkarya panjang dan banyak menelurkan film atau drama, nyatanya gelar sebagai aktor Chungmuro tak sembarangan dianugerahkan. 

Julukan Aktor Chungmoro hanya melekat pada beberapa aktor senior yang pencapaian karir dan prestasinya susah dibendung. Selain dedikasi dan kontribusi yangbsudah puluhan tahun, penghargaan internasional sekelas Oscar dan Cannes, jumlah penonton jutaan hingga karakternya di real life yang kharismatik.

Aktor dan aktris yang termasuk Chungmuro actors adalah Song Kang Ho, Choi Min Sik, Ma Dong Seok, Hwang Jung Min, Lee Bying Hun, Yoo Hae Jin, Son Ye Jin, Kim Hye Soo, Jung Woo Sung, dan Kim Nam Gil.


2. Chungmuro Blue Chips


Nah kalo Chungmoro Blue Chips ini ibaratnya lapis dua nya Chungmoro yang sesungguhnya. Walaupun masih berusia muda tapi dengan segudang prestasi dan kemampuan akting yang diatas data-rata, para aktor Chungmoro Blue Chips digadang-gadang akan menjadi The Next Chungmoro. 

Dimana masa depan perfilman Korea berada di pundak mereka. Karena itu tidak semua aktor bisa mendapatkan gelar ini. Meski bukan gelar resmi namun pemberian gelar Chungmuro Blue Chips juga tidak sembarangan. Para aktor bergelar Chungmoro Blue Chips tercatat selalu meraih kesuksesan di setiap karya filmnya. 

Selain rajin mendapatkan gelar penghargaan, film-film atau drama mereka juga kerap box office tak cuma di Korea tapi juga di banyak negara lainnya.

Pengisi line up Chungmoro Blue Chips merupakan deretan nama besar aktor dan aktris global yang masih berusia muda dibandingkan Chungmuro seperti Kim Taeri, Choi Woo Shik, Kim Go Eun, Lee Je Hoon dan Yoo Ah in.


3. Hallyu Star

Kata hallyu sebenarnya berasal dari bahasa Korea yang artinya pengaruh maksudnya adalah pengaruh popularitas Korea. Hallyu merupakan istilah lain dari gelombang Korea (K Wave) yang terdiri atas musik, drama dan budaya. 

Hallyu Stars adalah para aktor yang memiliki popularitas global, reputasi brand internasional dan karya-karya yang mencetak rekor. Selain itu Hallyu Stars merupakan aktor yang memiliki pengaruh besar terhadap ekspansi global budaya Korea.

Jika Chungmoro lebih sering nongol di film maka Hallyu Star lebih mendominasi drama series meskipun mereka juga ada yang bermain film. Kalo boleh disandingkan dengan induatri lokal Indonesia, Chungmoro itu aktor film, Hallyu Star aktor sinetron hehe..

Menurut survey Hallyu Korea Selatan yang dirilis 2023 lalu oleh KOFICE beberapa aktor drama Korea yang memiliki kepopuleran secara global masuk dalam deretan Hallyu Star beberapa diantaranya adalah Lee Min Ho, Kim Soo Hyun, Song Hye Kyo, Hyun Bin, Gong Yoo, dan Lee Jong Suk.


4. Rookie Actor

Berbeda culture dengan di Indonesia, industri hiburan Korea khususnya seni peran terus menciptakan regenerasi aktor berkualitas. Tetapi ada jalan panjang untuk bisa sang aktor dikenali dan digelari sebutan tertentu seperti Rookie Actor. Rookie actor adalah aktor pendatang baru yang memiliki bakat akting cemerlang dan prestasi baik sejak debut awal. 

Rookie aktor diyakini memiliki masa depan cerah di industri film dan drama Korea karena kemampuan akting yang terus berkembang. Selain itu popularitas aktor Rookie juga terus meluas di kalangan penggemar drakor global. 

Saat ini nama-nama aktor muda seperti Lee Jae Wook, Lee Do Hyun, Lee jun Young dan Song Kang, Han So Hee, dan Go Yoon Jung masuk dalam deretan nama aktor Rookie Korea Selatan. Meski sudah debut bertahun-tahun ternyata nama-nama mereka masih termasuk rookie actor loh.. 


Penutup 

Setiap negara memiliki kultur dan aturan dalam industri hiburannya masing-masing. Sebutan gelar aktor Chungmuro, Chungmuro Blue Chips, Hallyu Stars hingga Rookie Actors adalah perghargaan informal bagi kerja keras mereka sekaligus grade pencapaian kualitas acting bagi para aktor di Korea Selatan. 

Meski begitu banyak juga aktor populer yang memiliki banyak karya baik film atau drama yang tidak termasuk dalam grade manapun. Kembali lagi, sebutan ini merupakan sebutan informal yang diberikan oleh pengamat film, kritikus mauoun massyarakat dan penggemar.

Selebihnya ide cerita dan penampilan akting sang aktor yang akan mendapat apresiasi baik dari penggemar drakor dalam berbagai penghargaan resmi baik di Korea maupun internasional.

Rafahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

33 comments

  1. Nah di kategori Hallyu star yang kasih "gelar" tuh kan Kofice ya. Untuk kategori no.1, no.2 dan no.4 apa mereka juga? Aku amaze sama tulisan ini, sebab infonya benar² baru aku ketahui :) untuk jajaran no.1 itu nama-namanya emang udahlah ya, jempolan abis. Tapi aku mikirnya apa aktor lain ada yang ngambek kalo gak masuk kategori pertama ya? Hwhw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gelar Chungmoro diberikan oleh kritikus film dan pengamat kak.. dan gelar chungmoro itu diberikan karena dedikasi dan kontribusinya yang besar pada sebuah film.

      aktor Chungmoro penghargaan dan jumlah filmnya banyakan penghargaannya bahkan mampu meraih penghargaan internasional sekelas Oscar atau Cannes..

      jumlah penonton film mereka susah ditembus aktor lain karena tembus jutaan penonton..

      jadi sejauh ini kayanya Chungmoro gakan dicemburuin yaa karena buat sejajar dengan mereka aja susah banget hehe

      Delete
  2. Chungmuro emang gilak ya?
    Seperti Lee Byung Hun, jumlah penghargaannya hampir sama dengan jumlah karyanya
    Saya malah baru tahu kalo Son Ye-Jin masuk Chungmuro, dan suaminya, Hyun-Bin satu level dibawahnya
    Kekuatan film/drama Korea emang di kualitas akting aktor/aktrisnya.
    Para Chungmuro ini selektif banget memilih peran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain Son Ye Jin ada Kim Hye So juga ambu...
      Keren2 emang aktris Chungmoro tuh
      Dedikasi banget sama karya2nya..

      Delete
  3. serius, ini istilah baru yang ku ketahui. Istilah penghargaan para pemain, baik itu aktor maupun stress Korea dengan kepiawaian mereka dalam bermain peran. Aku jadi penasaran istilah tersebut muncul dari mana dan siapa yang mencetuskan ☺️. Chungmuro

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di penjelasan mba.. Chungmoro lahir dari mana dan siapa yang kasih julukan itu hehe...

      Delete
  4. Aaaaaaa si Yo Ah In favorit banget aktingnya, kalau yang Chungmuro si Choi Min Shik suka nonton aktingnya, meskipun selalu nontonnya dia jadi karakter antagonis.
    Btw, saya dong baru ngeh istilah-istilah begini :)

    ReplyDelete
  5. Cakeep, teh.
    Aku baru tau juga nih Son Ye Jin uda masuk jajaran Chungmoro. Jadi, aktor chungmoro ini bukan dari segi usia ((dimana mereka uda mulai berakting aja yaa...))

    Apakah banyaknya penghargaan juga bisa menjadi tolak ukur aktor chungmoro and chungmoro wanna be?

    ReplyDelete
  6. Saya penasaran siapa yang menentukan aktor mana saja yang memenuhi ke-empat kualifikasi tersebut di atas. Dan berapa lama mereka bisa bertahtah dengan gelar tersebut? Apakah ada tim tertentu dengan kualifikasi yang mumpuni? BTW bagus juga ya kalo di Indonesia dibuatkan gelar-gelar bergengsi seperti ini.

    ReplyDelete
  7. Saya baru tahu ada istilah-istilah chungmuro untuk aktor dan aktris korea, Mbak. Pastinya penerima -penerima gelar-gelar ini adalah yang memang mempunyai kualitas akting yang mumpuni. Bisa jadi acuan untuk aktor aktris korea lainnya untuk meningkatkan kemampuannya juga.

    ReplyDelete
  8. Buat daku yang dapat gelar Chungmuro sama Chungmuro Blue Chips cocok banget, soale ada si KNG sama Lee Je Hoon yang mana daku tuh demen sama akting mereka, wwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Oh Chungmoro sama kaya life achievements ya sekelas Dedy Miswar . Sudah banyak makan asam garam dunia film . Thanks ilmu barunya.

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu arti istilah Chungmoro Blue Chips. Kalo soal kualitas akting emang di atas rata2 sih. Go eun ambil job juga selalu selektif dan skripnya bagus. Jadi filmnya laris manis di bioskop.

    ReplyDelete
  11. Istilah Chungmuro aku baru denger beberapa bulan terakhir ini, pernah baca di portal web lainnya IU jg masuk jajaran aktris ini. Tp yg emang ga nyangka sih Kim Go Eun, debut film pertamanya A Muse meraih penghargaan pun di film terbarunya Exhuma banyak di puji aktingnya

    ReplyDelete
  12. Saya baru tau istilah-istilah ini. Chungmuro berarti ibaratnya udah legend banget, ya. Gak ada lawan lah. Udah jempolan banget.

    ReplyDelete
  13. Ada gradenya ya. Walau diberikan secara informal tetap bisa menambah kepopuleran artis. Di Indonesia kok tidak ada ya, atau saya yang kudet

    ReplyDelete
  14. Istilah - istilah baru yang menambah wawasan dalam dunia seni dan peran dikorea.

    ReplyDelete
  15. Wah, terima kasih atas artikelnya. Saya jadi bertambah wawasan tentang sisi lain dari dunia perfilman Korea Selatan.

    ReplyDelete
  16. jadi ini masing masing ada spesifikasi dan emang ada kemampuan khusus yang membuat mereka dilabeli seperti ini yah, Tentu ini jadi nilai tambah dan nilai plus bagi mereka untuk mendapatkan peran yang cocok dan sesuai

    ReplyDelete
  17. Ternyata ada perbedaan antara satu aktor dengan aktor lainnya. Kalau di Indonesia sepertinya Reza Rahadian layak masuk ke salah satunya. Kira2 masuk mana ya?

    ReplyDelete
  18. Sering bgt liat choi min Sik di beberapa film Korea yang emang bagus-bagus. Baru tahu juga kalo di dunia aktor Korea ada beberapa kasta seperti ini.

    ReplyDelete
  19. Ternyata ada gelar-gelar sendiri ya untuk tingkatan aktor dikorea, baru tahu. Selama ini cuman denger cerita temen pas di ceritain tentang drakor-drakor.

    ReplyDelete
  20. Dari semua aktor Chungmuro, Choi Min Sik yang drama dan filmnya selalu aku kejar untuk ditonton. Sebagus ituu. Apalagi kalau udah banyak pakai bahasa Inggris, beuh si Appa bener-bener kek oldmoney asal Seoul dah.
    Btw Teh Rafa kalau di Indo ada juga ga pengategorian aktor berdasarkan gradenya? Selain film dan sinetron.

    ReplyDelete
  21. kak aku baru tahu kalau Chungmoro merupaakan para aktor film yang dihormati di Korea Selatan karena kemampuan akting dan dedikasinya pada film yang diluar nalar.

    ReplyDelete
  22. Ma Dong Seok memang pantas mendapat gelar Chungmuro. He's a legend life.
    Akting dalam film-filmnya sudah tak diragukan lagi, ibaratnya dia tuh masukkategori tua-tua keladi, makin tua makin menjadi.. jadi makin keren

    ReplyDelete
  23. Wah tulisan ini nambah pengetahuan saya banget nih tentang perfilman Korea. Selama ini sering dengar istilah Hallyu Stars. Tapi nggak nggak itu maksudnya artis yang seperti apa. Terus pas baca ini juga pada akhirnya ngerti apa perbedaan antara Chungmoro dengan Hallyu Stars.

    ReplyDelete
  24. Wiihh... keren-eren ya artis Chungmuro ituu... dedikasi dan penghargaan yang pernah mereka raih juga gak main2, patutlah mereka menyandang artis Chungmuro yess...

    ReplyDelete
  25. Wah wah, baru tahu deh arti lengkapnya. Selama ini tahunya ya istilahnya aja yang sering digunakan. Oke, bermanfaat banget deh buat aku yang suka kdrama tapinya males nyari arti dari istilah-istilah yang sedang hitsnya. Aduuuh jadi malu. :D

    ReplyDelete
  26. Baru tau istilah-istilah ini, masing-masing negara memang punya istilah sendiri ya. Kritikus pasti juga membuat gelar informal ini berdasarkan sepak terjang aktris dan aktor, jadi gak bakal sembarangan gelar mereka

    ReplyDelete
  27. Eh, sekelas LDH masih rookie yaa haha kirain dah gak newbie2an karena dia termasuk agak lama gak sih berperannya?
    Waaahh ternyata ada kasta2an utk pemain aktor2 Korea, luar biasa pemegang kasta tertingginya berarti bisa kita temukan tuh film2 lawasnya. Ada kyknya tu aku pernah lihat pas masih nudanya, cakep sih tapi bergaya retro wkwk ya iyalah.
    Btw terima kasih pengetahuannya😁

    ReplyDelete
  28. Saya baru tau, ternyata ada gelar status level karir sang aktor atau aktris. Semacam grade dari kemampuan akting yang biasanya menjamin karya-karya mereka akan sukses atau tidak.

    ReplyDelete
  29. Baru tahu kalau son ye jin itu masuk chungmoro, tapi aku suka sama film-nya yang the classic itu sih. Kenal sama eonni juga dari film itu, tetus ngikutin film dan dramanya yang lain. Don lee itu legend bangeet astaga, keren sih wkwk btw korean gangster di kepala aku representasinya ke dia wkwk

    ReplyDelete
  30. Baru tau banget lho aku ini, ternyata kayak ada sebutan atau "kasta" gini ya di dunia perfilm an di korea.

    ReplyDelete

Post a Comment