Death's Game Drama Bertabur Bintang Perlihatkan Pesan Moral Bunuh Diri Tak Selesaikan Masalah

 

Salah satu kasus bunuh diri paling membuat publik terhenyak adalah meninggalnya aktor Chungmoro Korea Selatan Lee Sun Kyung. Seperti yang sudah diberitakan ke publik aktor film Parasite tersebut diduga mengakhiri hidup di dalam mobil karena mengalami depresi. Sejak beberapa bulan sebelum kepergiannya Lee Sun Kyung terlibat kasus narkoba dan beberapa skandal lainnya yang membuatnya mengalami kerugian besar hingga kebangkrutan membayar penalti. 

Nah kalo di Korea itu ada yang namanya cancel culture. Banyak banget publik figur yang susah comeback pada karirnya saat sudah tidak lagi mendapat kepercayaan masyarakat. Tertekan dalam banyak situasi buruk dan merasagak ada pintu keluar membuat mereka depresi. Parahnya lagi dalam kondisi sulit seperti itu, mereka merasa hanya sendiri gak punya tumpuan atau teman berbagi. 

Keadaan berat yang menghantam bertubi-tubi membuat mental jadi down. Kalau sudah merasa lelah dan menyerah keputusan gila mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri jadi solusinya. Seperti yang dilakukan mendiang Lee Sun Kyung di dunia nyata dan Choi Yee Jae di dunia fiktif dalam drama Death's Game. 


REVIEW DEATH'S GAME

Death's Game adalah drama Korea tayang sebanyak delapan episode saja. Meskipun hanya memiliki delapan episode, Death's Game merupakan drama mahal karena bertabur bongkahan berlian alias seluruh castnya visual line. Bayangkan saja lebih dari 10 aktor papan atas Korea menjadi pemainnya. 

Parade visual bintang papan atas Korea dengan berbagai macam karakter membuat Death's Game menjadi salah satu drama terbaik tahun 2023. Berbeda dengan drama yang lain. Jika kalian suka yang tiap episodenya berganti cerita, menonton drakor Death's Game bisa dicoba. Karena setiap episodenya penonton akan disuguhkan dengan alur cerita berbeda.

Death's Game menceritakan tentang Choi Yee Jae yang seorang pemuda jobless yang putus asa karena berbagai masalah dan cobaan yang mendera. Dalam peribahasa Indonesia sudah jatuh tertimpa tangga. Beratnya jalan hidup Yee Jae justru terasa dramatis sejak hari sialnya bertemu korban tabrak lari yang tewas di hadapannya tepat saat hari wawancara kerja. 

Kehidupan serba sulit, hari-hari berat, permainan kotor perusahaan, diusir dari kontrakan hingga suudzon sama sang pacar yang dianggap sudah punya crush baru membuat Yee Jae gelap mata. Tanpa pikir panjang Yee Jae yang putus asa memutuskan bunuh diri dengan melompat dari sebuah gedung tinggi dan tewas. 

Pasca bunuh diri Yee Jae bukannya lepas dari semua penderitaan malah bertemu dengan sosok penghukum yang disebut 'maut'. Yee Jae yang merasa selama ini hidupnya bagaikan neraka, justru  benar-benar ditunjukkan neraka yang sesungguhnya. 

Untuk bisa menyelamatkan diri dari neraka  "The Death" menjadikan kematian berulang sebagai hukuman untuk Choi Yee Jae yang berani menantang maut alias bundir.  Epilog 'Jangan mencari kematian, kematian akan mencarimu' cukup membuat nyali bergetar dan langsung istighfar karena itulah awal mula Yee Jae pun dihukum merasakan 12 kali kematian berbeda. 

Dalam perjalanan 12 kali kematiannya Choi Yee Jae terus berganti kehidupan berbeda. Muali dari kehidupan seorang CEO muda, atlet paralayang, siswa SMA, anghota gengster, narapidana, model, seniman, tuna wisma, detektif hingga terlahir sebagai seorang bayi. Semua berakhir dalam kematian yang mengenaskan.

Namun diantara semua kehidupan yang dijalaninya terlahir sebagai ibunya sendiri adalah hukuman paling menyakitkan bagi Choi Yee Jae. Kematian ke 12 itu juga yang menyadarkannya akan keputusan bunuh dirinya di masa lalu. Yee Jae mengabaikan kesedihan ibunya yang hidup menderita setelah kepergiannya. Choi Yee Jae akhirnya menyadari kesalahan dan menemukan rasa penyesalan yang dalam.


PESAN MORAL DEATH'S GAME

Di sisi lain drama Death's Game berhasil menjadi hiburan yang bernilai edukasi. Banyak pelajaran dan makna yang disampaikan oleh drama ini. Beberapa diantaranya adalah : 

1. Bunuh Diri Tidak Akan Menyelesaikan Masalah

Bila berpikir semua masalah akan selesai jika kita pergi maka dipastikan pikiran itu salah. Jangan mencari maut karena maut yang akan datang pada kita sendiri. Drama ini menunjukkan secara eksplisit bahwa maut bukan urusan manusia.

2. Memuliakan Seorang Ibu

Salah satu part terbaik di drama Death’s Game adalah scene Lee Jae Wook berperan sebagai Jo Tae Sang, seorang atlet bela diri MMA yang memiliki cita-cita tinggi namun berasal dari keluarga miskin dan ingin mencari cara untuk membantu melunaskan hutang sang ibu. 

Scene ini berhasil menguras air mata penonton karena kita semua lemah jika bicara soal ibu. Ibu adalah orang yang paling menderita saat kita tidak ada. Dan ibu akan menjadi orang paling bahagia saat kita baik-baik saja. Ibu adalah satu-satunya orang paling tulus, yang akan paling merasakan hasil perbuatan kita. Drama ini sangat meninggikan derajat seorang ibu.

3. Menghargai Hidup

Scene Yee Jae berkali - kali menunjukkan dialog dimana maut memperlihatkan sifat asli manusia. Manusia bertaha setelab mereka mati tapi menganggap dunia adalah neraka. Padahal manusia tidak akan sanggup bertahan sedetikpun di neraka sesungguhnya. Death's Game memberikan pesan bahwa hidup Adalah Kesempatan.

4. Mengangkat Isu Sosial Seperti Perundungan, Kasta Sosial dan Mental Health

Drama ini juga memiliki detail cerita yang padat dan kompleks tapi tetap mudah dicerna karena relate dengan kehidupan sehari-hari. Seperti perundungan yang dialami Kwon Hyeok Su di SMA akibat status sosial, lalu kasta sosial di masyarakat Korea yang sangat kental dan kuat terlihat dari bagaimana dramatisnya Yee Jae mendapatkan pelerjaan hingga isu kesehatan mental yang diulik couple Ji Su dan Jang Geon U.



DETAIL 

Tittle : Death's Game (2023)

Screenwriter & Director: Ha Byung Hoon

Genres: Thriller, Drama, Fantasy

Episodes: 8

Aired: Dec 15, 2023 - Jan 5, 2024

Aired On: Friday

Original Network: TVING

Release Date: December 15, 2023 (4 episodes), January 5, 2024 (4 episodes)


SINOPSIS

Choi Yee-Jae (Seo In-Guk) tumbuh dengan latar belakang keluarga yang miskin, tetapi dia memiliki kepribadian yang cerah dan baik. Setelah 7 tahun gagal menemukan pekerjaan yang layak, dia sekarang penuh dengan keputusasaan dan keputusasaan. Dia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Choi Yee-Jae mengira semuanya akan berakhir setelah mengambil nyawanya sendiri, tetapi, setelah kematiannya, dia menghadapi makhluk Kematian (Park So-Dam), yang berdiri di depan gerbang menuju Neraka. Dia diberi hukuman untuk mengalami kematian 12 kali lagi melalui tubuh yang berbeda. Jika dia ingin menghindari masuk Neraka, dia harus bertahan.


CAST

  • Seo In-Guk
  • Park So Dam
  • Go Youn Jung
  • Nam Kyung Eup
  • Choi Eun Jun
  • KIm Jae Wook
  • Choi Si Won
  • Jang Seung Jo
  • Sung Hoon
  • Lee Jaw Wook
  • Kim Ji Hoon
  • Oh Jung Se
  • Choi Eun Jun

Penutup 

Drama korea Death's Game memiliki banyak alasan untuk ditonton. Selain menjadi drama comebacknya aktris Park So Dam usai hiatus karena sakit kanker, Drama ini juga menjadi battle epic dua aktor spesialis peran psikopat yang melegenda Kim Ji Hoon dan Kim Jae Wook.

Cerita Death's Game memberikan pemahaman bahwa bunuh diri nyatanya sama sekali tak menyelesaikan masalah melainkan hanya meninggalkan penderitaan bagi keluarga.

Bahkan ketika sebagian orang percaya bahwa manusia akan mengalami reinkarnasi atau kesempatan menjalani kehidupan sebagai orang lain, tetap saja menjalani kehidupan sebagai diri sendiri saat hidup di dunia adalah yang terbaik.**

Rafahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

16 comments

  1. Bundir memang marak sekarang terjadi dikalangan anak muda. Sempit pikirannya yang penting masalah selesai. Film keren nih, cocok ditonton dari berbagai kalangan terutama gen Z
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  2. Aku ada beberapa kenalan yang pernah mau bundir, mbak, hikss
    rata2 masalahnya sepele... ya cinta segitiga lah (pelakunya LGBT), trus yang karena utang juga dll

    Aku malah keinget game yang pernah viral gara2 nyuruh pemain untuk ngikutin alurnya termasuk melukai diri sendiri dan bundir kebanyakan korbannya anak3 sekolah. Astagfirullah pada saat itu hati ga karuan banget takut diem2 anak2 main game yang dimaksud.

    Aah, smoga kita semua dilindungi dari godaan setan, aamiin...

    ReplyDelete
  3. Udah nonton ini dan PLOT TWIST-nya yaaaa ampyuuuuuun bikin geleng2. Mind blowing buanget. Setuju sama tulisan Kak Rafah dech!

    ReplyDelete
  4. Belum sempet nonton Death's Game, uadah bingung duluan lihat banyaknya pemain (malah banyak yang beken kaya Si Won) ternyata karena Yee-Jae harus bolak balik menjalani kehidupan baru
    kebetulan lagi mulai nonton Tomorrow nya Ro Woon, mirip. Walau pastinya beda cerita

    ReplyDelete
  5. Saya suka banget dengan drama ini. Seperti sebuah novel yang isinya cerpen tapi dengan tokoh sentral yang sama. Setiap bagian cerita punya peran utama masing-masing yang diwakili oleh jiwa Jae-yee yang rohnya belum kembali ke alam baka. Konflik yang dihadirkan juga seru, bermakna, dan banyak menghadirkan pengalaman hidup. Terutama saat orang yang terakhir adalah ibu dari Jae-yee sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu plot twist terbaiknya c ya mami..
      Apa-apa kalo soal ibu pasti lemah deh huhu...

      Delete
  6. death game ini bagus sih kata orang2, aku byk lihat juga cuplikan, review dan rekomendasinya seliweran di medsos, salah satu yg bakal ak tonton sih buat wiken ini

    ReplyDelete
  7. Daku pernah baca sekilas pada ngulas bagus soal drama ini.
    Sepertinya bisa nih masuk jadwal tayangan sambil ngabuburit besok

    ReplyDelete
  8. Aku nonton pas episode awal2 nih. Yang dia sampe dibangkitkan berkali2, tapi berasa kayak mimpi, tiap bangun dari kematian pasti kaget dan shocl berat. Serem juga ya. Mati nggak menyelesaikan masalah, tapi nambah masalah. Hehe

    ReplyDelete
  9. kisah yang diangkat the death, ini seperti gambaran manusia yang putuh harapan ketika berjuang untuk survive, mereka justru malah frustasi. dan menghakhiri hidup bukanlah cara terbaik. Etapi kenapa sih ya kak, kalau orang korea itu ketika alami depresi justru mereka memilih mengakhiri hidupnya ? bener nggak sih, demikian ?

    ReplyDelete
  10. Aku mikir sii.. pas conpress dan saling ketemu tuh perasaan mereka gimana yaa..
    Kek yang "Buset, banyak amaaayy lead-nya" hehee...

    Gara-gara drama ini, Seo In Guk banjir endorsment dan akhirnya doi buka yutub channel. Lucuu banget. Undangannya ya para lawan mainnya di Death's Games.
    Kan makin gemeecc yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bwahahaha... kalo di Indo In Guk kek aji mumpung yee tapi doi mah dah aktor papan atas sah-sah aja bikin channel yt banjir endors...

      Delete
  11. Salah satu drama terbaik tahun ini menurutku mana bertabur bintang. Selama nonton aku juga ngerasa banyak banget pelajaran yang di ambil. Berharap makin banyak drama Korea yang memotivasi kaya gini biar gak cinta2an terus hehe

    ReplyDelete
  12. Drama yang mesti ditonton orang-orang yang sedang merasa putus asa dan punya niatan untuk mengakhiri hidup nih, supaya mereka sadar, bahwa kematian tak akan menyelesaikan masalah yang ada dihadapannya

    ReplyDelete

Post a Comment