▪MENU LEBARAN SERU▪


Assalamualaikum wr. wb.
Taqabalallahu minna waminkum. Siyamana wasiyamakum..
Minnal aidzin walfaidzin.
Mohon maaf lahir dan batin 🙏

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Selamat Lebaran.
Alhamdulillah di tengah suasana ramadhan di tengah pandemi yang baru pertama kali kita lewati ini, kita tetap bisa beribadah menjalankan puasa dengan lancar. Sholat taraweh di rumah dan tadarus virtual bersama temen-teman. Masa sulit karena corona nyatanya gak mengurangi hikmah dan nikmat rezeki yang Allah turunkan pada umatnya di bulan suci ini. 

Sedikit merayakan hari esok ada yang sudah punya baju bedugkah? 😂😂 itu mah cukup keriuhan para bocah yaa. Kita yang ABeGean dikit mah ga usah ribetin soal baju. Maluuu 🙈 

Pada masak apa sih biasanya kalo lebaran? Kalo aku sih sajian khasnya..
  • Ketupat
Siapa juga yaa netijen +62 yang lebaran di rumahnya gak nagkring ketupat. Insya Allah ada aje ni bungkusan janur mah. Alhamdulillah masih dikasih rezeki sama Allah buat nikmatin sajian ciri khas lebaran ini. Rasanya hampa macam lagu gitu kalo beras dalem janur ini gada.  Setuju gak kalian?
  • Opor Ayam Kampung
Istimewanya kalo lebaran, di rumahku Opor ayamnya pake ayam kampung. Lebih gurih dan nikmat rasanya? Gak juga 😄😄 sama aja enaknya sama ayam negeri. Ini beda rasa nikmatnya karena dimakan abis sholat ied terus salaman sama orang sekampung. Lelahh haha..

  • Gulai Nangka Minang
Ini masakan favorit aku. Nangka dengan kuah santan kental, aroma gulai yang kuat bumbu rempah khas padang. Pedes dan nendang. Karena di rumahku karnivora semua Gulai nangka muda ini di cemplungin juga tetelan daging sapi. Duhh mantap sama ketupat dan emping asli melinjo sebesar tatakan.

  • Pecel Sayur
Pecel sayur ini request abadi babeh. Aneka Sayuran hijau  yang direbus disiram sambal kacang dan petis ini mesti hadir saat lebaran.  Disantap dengan ketupat mantap enaknya. Buat penyeimbang juga biar gak blenger sama perdagingan.  Penting tetep ada serat biar terjaga kolesterol dan pencernaan katanya hehe..

  • Tape Ketan Hitam + Kacang Bawang

Siapa pernah nyoba makan tape ketan hitam yang rasanya manis dimix kacang bawang yang gurih crunchi?? Keluargaku punya kebiasaan unik gadoin ini dua mahluk lebaran. Gakan tau enak dan serunya kalo gak nyoba. Ayo mampir rumahku biar kita makan tape ketan ma kacang barengan hehe...

  • Bakso Cuankie
 Menu lain yang selalu dikejar pas siangan dikit adalah Cuankie. Rasanya yang pedes, gurih panas-panas seru aja dinikmatin biar perut kenyang karena makan rame-rame sekeluarga  sambil ketawa-ketawa abis hujan airmata tadi pagi saat sungkeman. 

  • Es krim
Di hari lebaran di keluargaku semua makanan dibebasin. Eskrim buat anak-anak bakalan standby 3 hari ada terus di box. Jadi sesuka hati makan es krim pake roti pake astor pake tape ketan bebas....

Kenapa banyak banget sajiannya?? Karena aku keluarga besar ada delapan jiwa. Kenapa ngunyah mulu?? Asal perut masih ok mah bebass aja. Karena hari ke 4 di keluargaku sudah pasti langsung dilanjut puasa sunnah syawal enam hari. Yang punya utang bayar dulu utang baru dilanjut puasa syawal. Jadi lebaran 3 hari adalah memang kita bersenang-senang , lepas rindu dan balas dendam sama makanan hahaha..

Nahhh itu keseruan sajian khas lebaran aku di rumah.
Yang lain cerita donk, pa nih sajian khasnya??

Tulisan ini adalah kolaborasiku dengan bandung hijab blogger

Comments

  1. Wah, kalo lagi kumpul keluarga besar selalu ada bakso. Alternatif setelah mabok opor biasanya cari bakso. Hehehe. Sedih lebaran kali ini ngga ada kumpul keluarga besar. Menu-menu sajian khas lebaran juga secukupnya karna lebaran di rumah aja.

    ReplyDelete
  2. Aku juga sajian lebarannya gak jauh-jauh dari ketupat, opor ayam kampung , sambel kentang sama rendang Padang. Hehehe. Jadi kabita cuanki, tapi gak ada yg lewat 😂

    ReplyDelete
  3. Waw Opor Ayam kampung,, Belum pernah sih bukinyaaa, tapi nanti tak infoin Ibu ah Opor ayamnya pake Ayam kampung

    ReplyDelete
  4. Dua keluargaku berbeda menu masakan lebaaran, Keluargaku jawa setelah menikah dapetin orang Sunda, menunya beda juga. Jadi Nano2 , sukaaaa, kalo di rumah mama suka ada sambel krecek, sayur brongkos, ulen , wajit dan karie

    ReplyDelete
  5. Tiap abis lebaran, aku pasti hunting perbasoan. Ga kepikiran buat masukin menu cuanki ke menu lebaran. Ide bagus buat taun depan nih :-D

    ReplyDelete
  6. Wah asyik nih ada sayur pecelnya jadi ada sayur2 hijaunya ga melulu santan seperti di aku hihi...

    ReplyDelete
  7. Baru Tau tape ketan temennya kacang bawang. Hehe. Kapan2 Cobain ah😁

    ReplyDelete
  8. Aku bukan ketupat.. tapi lontong panjang.. :D :D mirp2 juga yaa.
    Lontongnya bikin sendiri.
    Jadi yang dibikin itu lontong medan.. karena belum bisa mudik ke medan.

    ReplyDelete

Post a Comment