Empat Trik Jitu Siasati Keuangan Selama Pandemi

Assalamualaikum 

Anneyong Haseyo Geys..

Gimana.. gimana..? Masih bisa jajan cuankie pulang shopping ga kalian? Hehehe... ngece banget yaa pertanyaannya..

Pandemi udah enam bulan aja nihh kalo bayi dah mulai disuapin MPASI ya kann.. Kalo pandemi kira-kira udah bisa diapain donk enam bulan berlalu? Ada yang kaya aku gak yang paling jelas saldo atm auto receh tinggal bubuknya malahan hahaha....

Duhh mulai linglung yaa sama kondisi finansial kalo kaya gini terus. Apalagi buat kaum freelance kaya aku gini. Biasa outing ada event sekarang di rumah aja, jobless, tabungan menipis, yang ngasih gak ada, investasi gak punya. Kelar dehhh kita! 

Sebenernya semua merasakan hal yang sama Geys. Kondisi finansial siapapun hari ini pasti gak baik-baik aja. Tapi kalo aku sih pandemi enam bulan bikin aku mulai paham apa yang harus dilakukan supaya keran uang tetep terbuka dan mengalir lancar. 

1. Usaha Kuliner Rumahan

Kalo lagi pandemi gini akal memang gak boleh buntu. Jiwa dagang diasah lagi. Salah satu yang aku sudah lakukan adalah membuat usaha kuliner dari rumah. Membuat donat frozen dan roti goreng kornet. Pilih usaha kuliner yang kita kuasai pembuatannya. Penjualannya gak perlu susah-susah, cukup sekitaran rumah, dan memaksimalkan media social kita. Promosinya dilakukan dengan serius lakukan dengan profesional anggap saja kita sedang mengendors diri sendiri.

2.  Endorse dari Rumah

Selalu punya energi positif dan berfikir cepat menghadapi apapun. Penting nih supaya kita bisa tenang dan gak nyerah sama keadaan. Pekerjaan akan tetap datang meskipun dengan bentuk berbeda dan gak sederas dari biasanya. Tapi atleast itu bisa menyambung kondisi finansial kita supaya gak blass banget kosong. Menerima tawaran endorse, partisipasi webinar, atau campaign produk bisa juga dijadiin jalan supaya kran keuangan kita tetap berjalan selama pandemi.  

3. Hemat

Benaran dehh ada yang sama kaya aku ngga? Semasa pademi belum pernah lagi shopping online jajan baju atau ngopi cantik di cafe. Sadar banget situasi kaya gini gak yang gak tau pasti kapan dan gimana akhirnya. Jadinya berhemat jalan utama yang gak boleh dilewatkan. Meskipun kebawa mimpi itu baju  pengen banget kalo dulu auto beli, sekarang auto nyebut “tahaaann!" hahaha... Sabar yaa semua indah pada waktunya kok. Yang gemes pengen baju baru dan nongki juga gak kita aja, banyak. Bijak dalam berhitung finansial bisa menyelamatkan kita loh dari amuk masa depan. Hehee

4. Bersyukur

Terakhir jangan lupa bersyukur dan bersyukur. Ikhlas dengan apa yang ada. Apa yang kini dimiliki benar-benar dijaga dan dinikmati. Setiap usaha dilakukan sepenuh hati. Entah itu usaha kuliner, endorse atau apapun asalkan kita sungguh-sungguh pasti ada hasilnya. Dan paling penting bersyukur karena masih diberi kesehatan di tengah pandemi. Hal yang amat berharga saat ini pastinya. Selalu jaga kesehatan dengan menerapkan protokoler kesehatan yang benar dan kosisten.

Nahh itu dia beberapa langkah sederhana ala aku menyiasati supaya keuangan kita tetep setle di tengah pandemi ini. Pokonya selalu berfikiran positif dan bersyukur dengan yang ada wajib Geys.

Tulisan ini adalah kolaborasiku dengan Bandung Hijab Blogger


Comments

  1. aku dari dulu ingin bangeut punya bisnis kuliner rumahan , tapi aku ga jago masaknya uy hiks

    ReplyDelete
  2. Belanja online teracun...kudu bisa di rem nih.Tapi lumayan bisa kontrol sekarang buat belanja online. Cuma masukin ke troli tapi gak dibeli-beli hahaha. Temen-temen aku juga jadi banyak yang jualan di masa pandemi ini. Alhamdulillah ada hikmahnya juga.

    ReplyDelete
  3. Ditahan aja bosscu biar taun depan bisa umroh atau ketemu oppa di Korea heheh, semangat jualannya

    ReplyDelete
  4. Aku tuh pengen banget buka usaha kuliner rumahan, kayanya seru gitu teh. Bisa sekalian buka lapangan kerja juga kan. Tapi apa daya aku belum berbakat, jadi aku fokus nguli aja deh dan mulai buka endorse-an. hihi

    ReplyDelete
  5. Hey, kamu. Gak bilang2 punya usaha kuliner. Hehe. Yg pasti bener banget, hemat dan bersyukur. Semangat terus, Kakak😁

    ReplyDelete
  6. ide yang bagus teh . usaha kuliner menarik juga

    ReplyDelete
  7. Banyak yang penghasilannya berkyrang tapi gak diem aja. Puter otak yaa salah satunya jualan onlone jadi konten creator. Dsb yaa.. yang penting gimana kita terus ikhtiarnya ya teh

    ReplyDelete
  8. Hebat banget teh di masa sulit tetep bisa berfikir kreatif, salut hehe

    ReplyDelete
  9. Bersyukur memang penting ya... janji Allah SWT kalau bersyukur nanti akan ditambah nikmatnya...

    ReplyDelete

Post a Comment