CLEAN BEAUTY PILIHAN CANTIK BERSAMA ALAM


Pernahkah saat merias wajah dan mengulaskan pewarna bibir,  terbayangkan indahnya bumi alam Kalimantan yang lestari. Aghhh...rasanya jauh panggang dari api yaa. Jangankan terbayang, tersirat saja sepertinya tidak sama sekali. Yang ada dipikiran adalah justru,

“aduhh warna lipstiknya kurang pas sama baju! Harus beli shade baru nihh biar lengkap warnanya...”.

Begitulah perempuan perkara make up item memang tidak pernah ada puasnya. Kalau begitu pernahkah kita meluangkan waktu sejenak untuk mengintip ke bagian belakang label kemasan produk untuk mengetahui bahan alamiah yang terkandung pada produk skincare dan kosmetik yang kita gunakan sehari-hari? 

Hemhhh... masih pertanyaan susah-susah gampang untuk dijawab. Karena yang terbiasa dilakukan adalah seberapa ampuh produk mewujudkan impian kita untuk cantik memikat dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Merawat dan merias diri adalah bagian dari cara manusia bersyukur atas apa yang Tuhan telah karuniakan. Dan sejatinya kedua perilaku alamiah tersebut adalah sifat dasar perempuan.

Itu sebabnya, perempuan selalu bisa meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan finansialnya untuk memberikan kesempatan pada dirinya sendiri menjadi eksperimen sebuah produk atau tindakan perawatan tertentu untuk mendapatkan rasa percaya diri sesuai standar umum masyarakat. 

Cantik dan glowing adalah goalsnya. Hasil akhir dari usaha tanpa batas dan perjuangan dari segala rasa sakit serta menipisnya rasa puas. Good looking sering kali dinilai hirarki paling tinggi setelah kemampuan diri. Tidak salah jika sebagian besar perempuan menyimpulkan hasil akhir sebuah keindahan terletak pada cantik, putih, glowing, bersinar dan padanan kata yang bermakna serupa lainnya. 

Clean Beauty

Menyadari cantik adalah obsesi sepanjang masa kaum hawa, produsen kosmetik berlomba-lomba mewujudkan impian tersebut melalui peran mereka sebagai penyedia jasa lewat produk-produknya. Sebagai konsumen kita dijejali berbagai 'rayuan maut' tagline dan janji manis visual iklan yang aduhai. Sudah barang pasti perempuan tidak bisa move on dari keduanya. 

Mengerem semua rasa penasaran dan keinginan untuk mencicipi rasanya menjadi cantik seperti dalam iklan adalah dengan menanamkan Clean Beauty Trend. 

Beauty Clean adalah trend kecantikan yang telah mulai digalakkan saat ini. Definisi Clean Beauty itu sendiri adalah dimana kecantikan alamiah dan kelestarian alam serta kesejahteraan sosial sekitarnya disejajarkan. Clean Beauty tidak hanya bicara sebatas cantik dengan produk/ perawatan tertentu dengan proses produksi yang ramah lingkungan tapi juga pemilihan bahan baku yang alami dari alam. Menjadi cantik dan bersinar dengan tidak melupakan kelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat lokal. 

Langkah kecil kepedulian kita untuk tetap melestarikan alam agar tetap terjaga dan memberdayakan masyarakatnya dimulai saat memilih dan menggunakan produk-produk kecantikan serta perawatan yang ramah lingkungan dan ramah sosial. 

Sebagai konsumen kita mesti mulai ‘melek’ kandungan bahan alami pada produk kecantikan dan perawatan tubuh yang kita gunakan. Kenali berbagai bahan dasar alami yang terkandung didalamnya dengan membaca label kemasan. Kebiasaan kecil ini diharapkan sebagai bentuk partisipasi kita dalam menjaga lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

cr pict by: google

Lebih mengutamakan menggunakan produk berbahan alami lokal Indonesia seperti bengkoang, kunyit, asam jawa, madu, mangir, lidah buaya, pegagan, bunga mawar hingga bunga tengkawang. 

Selain seperti yang kita ketahui bersama selain branding resep racikan warisan turun temurun Indonesia yang sudah terbukti manfaatnya, bahan-bahan alami tersebut juga sejalan dengan konsep Beauty Clean yang kita terapkan.

Tren Clean Beauty sendiri memberikan kesempatan bagi kita sebagai rantai terakhir untuk bisa turut menjaga keberlangsungan varietas flora yang digunakan sebagai bahan alami utama produk, menekan pencemaran lingkungan limbah kimia pada proses produksi, dan juga mengupayakan kesejateraan lingkungan sosial masyarakat asli di area sekitar lahan bahan baku. 

Bunga Tengkawang

cr pict : google

Senang rasanya ketika belakangan ini para produsen brand kosmetik mulai konsen pada kelestarian alam dan lingkungan. Terus berinovasi memperbaharui kualitas produksi dan konsisten menggunakan natural ingredients asli Indonesia pada produk-produk unggulannya.

Belum banyak dari kita yang mengetahji bahwa salah satu komoditas bahan kosmetik terbaik ada di negeri ini. Adalah bunga tengkawang flora endemik  khas Kalimantan Barat yang menghasilkan minyak lemak berharga tinggi dan menjadi primadona bahan baku utama berbagai produk kecantikan dan kosmetik dalam negeri bahkan dunia. 

Bunga tengkawang yang disalai menghasilkan minyak tengkawang.  Minyak tengkawang inilah yang kemudian menjadi mentega tengkawang berharga selangit atau lebih dikenal dengan sebutan illipe butter dalam industri kosmetik dan kecantikan. Siapa sangka bahan baku terbaik pembuatan berbagai produk kosmetik dan perawatan ini hanya tumbuh di hutan hujan kalimantan Indonesia.  

cr pict by: UMKM KalBar

Illipe butter memiliki kelebihan yakni minyak lemaknya mudah meresap jika bersentuhan langsung dengan kulit. Tak main-main memang manfaat dari mentega tengkawang, beberapa diantaranya adalah menghaluskan dan melembabkan kulit, mencegah kerutan, memperbaiki elastisitas kulit, melindungi dari sinar UV-A dan UV-B juga untuk industri lilin dan makanan lainnya.

Beberapa brand ternama dalam dan luar negeri telah menggunakan bahan alami lokal bunga tengkawang ini untuk diekstrak dan dijafikan mentega tengkawang atau Illipe butter sebagai bahan dasar pembuatan berbagai produk kosmetik misalnya lipstik, alas bedak maupun lotion. 

Dengan mengembangkan konsep Clean Beauty yang brand-brand kepercayaan masyarakat tersebut menaruh konsen pada kelestarian alam dan lingkungan termasuk di dalamnya kelangsungan hutan Kalimantan yang menjadi rumah bagi flora bernilai seperti Tengkawang.

Memilih dan memperhatikan natural ingredients dalam menggunakan produk kecantikan dan perawatan khas dalam negeri mungkin tak serta merta merubah kelestarian alam secara masive. Namun bukan berarti hal kecil yang kita lakukan tidak bermakna bagi lingkungan. Sedikit rasa cinta dan peduli kita pada alam akan menyentuh hal paling krusial yakni cantiknya alam dan penghuninya secara bersamaan. 

Hakikatnya kata cantik layak disandangkan pada semua ciptaan Tuhan yang menyenangkan dipandang mata dan menenangkan hati. Karenanya cantik bukan predikat sentimental milik mahluk bernama perempuan semata tapi juga termasuk alam dengan segala bagian hingga yang terkecilnya.

Burunglah terbang menggandeng itik     

Punai di tangan tak sampai lepas         

Sukalah hati dipandang cantik             

Seraya alam indah selaras 

#LestarikanCantikmu #LTKLxMadanixBPN #BlogCompetitionSeries #Temenanlagi

Rafahlevi, Bandung.


Comments

  1. Nah ini juga sering jadi pertanyaan buatku mba.
    Apakah aktivitas menuju glowing up ini, kira2 berdampak baik atau buruk untuk kelestarian alam

    Aku setuju bgt dgn konsep clean beauty ini.

    Inspiring bangett mba

    ReplyDelete
  2. aku pun lebih memilih kandungan alami pada sebuah kosmetik, entah mengapa, aplg kandungan herb atau coconut or buah-buahan

    ReplyDelete
  3. Inspiring bgt konsep beauty cleannya, sepakat deh. Ketika memilih kosmetik mencermati ingrediantnya yg so pasti halalnya juga kalo aku

    ReplyDelete
  4. Indonesia kaya banget sama tanaman dan buah berkhasiat yang pastinya selain untuk kesehatan juga bisa untuk kecantikan, so aku support bgt kosmetik lokal yang menberdayakan tanaman/buah lokasl sebagai bahan dasarnya

    ReplyDelete
  5. Wih...melihat begitu kayanya hutan Kalimantan (dan Indonesia secara keseluruhan), semoga nih yang suka menggunduli hutan itu segera dipanggil menghadap ... eh segera insaf. Sayang banget kalau flora endemik seperti bunga tengkawang itu sampai musnah karena hutannya dibabat habis.

    ReplyDelete
  6. Banyak orang Indonesia gak nyadar bahwa bumi Indonesia menyimpan banyak keanekaragaman hayati yang penting banget untuk kosmetik ya?
    Semoga campaign ini membuat melek banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... iya sebenarnya generasi terdahulu kita juga selalu memanfaatkan bahan-bahan alami ya. Tapi generasi selanjutnya malah lebih suka produk luar, berbahan kimia karena pengen hasil instan

      Delete
  7. Jleb banget ini artikelnya...reminder buat saya. Dan setuju jika cantik bukan predikat sentimental hanya milik mahluk bernama perempuan tapi juga termasuk alam dengan segala bagian hingga yang terkecilnya. Maka clean beauty adalah pilihan cantik yang terbaik

    ReplyDelete
  8. Bener ya. Materi alam itu sejatinya memang banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia. Termasuk diantaranya untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan proses pengolahan yang baik, keragaman hayati yang kita miliki sudah lebih dari cukup untuk memenuhi aneka kebutuhan kita. Tinggal kita lebih banyak belajar tentang hal ini, mengolah dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  9. Wah, aku baru tau nih tentang bunga Tengkawang. Manfaatnya ternyata luar biasa ya bahkan diperlukan dalam industri kosmetik.

    ReplyDelete
  10. Tanaman alam memang banyak manfaatnya seperti bunga Tengkawang sangat diperlukan untuk industri kosmetik. Jadi harus banyak ilmu tentang tumbuhan sehingga kita bisa memanfaatkan tanaman disekitar kita

    ReplyDelete
  11. ah iya
    jangan sampai jadi egois ya mbak
    pengen glowing tanpa mempedulikan kelestarian lingkungan
    makanya pas banget dgn konsep Clean Beauty ini ya

    ReplyDelete
  12. Inspiring beauty nya ngena banget, kecantikan dari alam Indonesia. Nyatanya di negeri kita memang banyak tanaman yang juga mendukung dan bagus dalam perawatan serta kecantikan
    Btw Aku baru tau sih soal tanaman Tengkawang itu.

    ReplyDelete
  13. Jadi auto ingin kelihatan cantik juga nih. Saya pun juga tertarik nih dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan. Keren-keren, bahan-bahannya enggak rumit kok kalau hanya sekadar yang mudah didapat. Kalau yang tanaman Tengkawang ini saya baru tahu.

    ReplyDelete
  14. hakikatnya, cantik itu bukan sekedar dari penampilan, tapi juga perilaku kita, terhadap sesama, juga terhadap kelestarian lingkungan

    ReplyDelete
  15. Dari sebuah kecantikan mengalir cerita indah dibaliknya ya Mba, masyaAllah rasa syukur kita kepada Allah banyak yang bisa kita ambil dari alam bahwa kita diberi kecukupan semuanya di bumi

    ReplyDelete
  16. Sekarang tuh udah banyak banget ya yang peduli lingkungan, termasuk merambah ke dunia kosmetik, banyak yang menciptakan kosmetik dengan memperhatikan keberlangsungan alam, dan membuatnya dari bahan natural.

    Lagian bahan seperti itu juga lebih aman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Contohnya bunga tengkawang ternyata bermanfaat banget bagi industri kosmetik.

      Delete
  17. Aku setuju bgt dgn konsep clean beauty ini. jadi kita bisa tetep merawat diri, wajah, tubuh,dll, tapi tetap dengan semangat kelestarian alam ya.

    Inspiring bangett mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Nurul, karena dengan clean beauty kita tidak menzalimi alam, malah meerawat agar berkelanjutan hingga anak cucu

      Delete
  18. Estetika memang dibutuhkan setiap hawa untuk tampil lebih baik. Pilihan komposisi bahan perlu diperhatikan.

    ReplyDelete
  19. Konsep clean beauty ini bagus banget ya. Menggunakan apa yg ada di alam untuk.kecantikan. karena sejatinya alam bisa membuat kecantikan makin bersinar

    ReplyDelete
  20. Pemilihan bahan untuk clean beaty ini bisa jadi juga dapat mengurangi pemakaian zat kimia buatan ya mbak. Banyak produk skin care atau make up yg isinya kurang natural.

    ReplyDelete
  21. Bunga tengkawang bikin aku ingat waktu event Forest Talk di Kalbar, ada yang bawa dari pedalaman, sudah dalam bentuk butter, bunga/buahnya juga. Dan ternyata, jadi bahan kosmetik unggulan di luar negeri sana. Ada yang bikin.

    ReplyDelete
  22. Sungguh saya baru tau loh tentang bunga tengkawang ini
    Indonesia kaya akan bahan alami buat kosmetik ya, saya aja yang kudet sama itu ��

    ReplyDelete
  23. Setuju, komoditas lokal bisa jadi bahan untuk produk kecantikan dengan tetap memperhatikan lingkungan sekitarnya ya

    ReplyDelete

Post a Comment