REVIEW FILM PARANOIA : WHO DO YOU TRUST?


Menyambut hangat dibukanya kembali bioskop untuk umum meski tetap dengan mematuhi berbagai aturan protokol kesehatan, Miles Film langsung bergaung dengan masive dengan film terbarunya bertajuk PARANOIA. Film PARANOIA akan tayang 11 November 2021 di bioskop seluruh Indonesia. Film bergenre psychological thriller ini layak menjadi pelepas rindu para moviegoers dan penikmat film tanah air setelah hampir dua tahun hiatus dari atmosfer layar raksasa bioskop.

Riri Riza menggebrak langsung ritme bioskop yang nyaris mati suri dengan genre di luar kebiasaanya. Kali ini Mirles Films menyuguhkan pilihan genre yang segar sekaligus menjadi garapan perdana mereka yakni  psychological thriller dengan ide cerita yang relate dan tidak "membebani pikiran" penonton namun tetap selalu menarik. 


Sudah menjadi kekhasannya, yang selalu kuat menonjolkan sisi kearifan lokal dalam setiap karyanya. Visual artistik tangan dingin Riri Riza selalu piawai menyingkap keindahan alam dan kearifan budaya lokal setempat, kali ini latar Bali menjadi kanvas film sang film maker. Menyempurnakan pelampiasan rindu para penonton, didapuk pula the most handsome Indonesian actor bias sejuta umat siapa lagi kalo bukan Nicholas Saputra. Bersama aktris cantik multi talenta Nirina Zubir, Caitlin North Lewis dan aktor kawakan Lukman Sardie, chemistry segiempat mereka layak mendapatkan apresiasi tinggi. Dengan kemampuan mengolah rasa dan membangun karakter lewat ekting yang sudah mumpuni, keempatnya berhasil membangun alur cerita yang real, kuat dan dinamis sehingga penonton bertahan di kursi hingga credit title berakhir saat menonton film ini.

On point adalah penampilan memikat Nirina Zubir sebagai Dina, dia bahkan mampu memerankan secara tegas karakter penuh tuntuntan emosional sebagai seorang ibu muda (yang bahkan wajahnya saja masih imut) dari seorang anak gadis remaja yang berselisih hanya 19 tahun darinya dengan ketergangguan paranoia ekstrem yang dialaminya akibat trauma hebat di masa lalu. Ekspresi dan gesturnya sebagai ibu sekaligus sebagai penderita paranoia dalam waktu bersamaan itu sangat keren dan menyentuh. Good job Nirina.



Sepanjang 50 menit pertama penonton yang berekspektasi pada penampilan Nicholas Saputra akan terus dibuat bersabar menunggu karena sang aktor baru akan muncul di menit tersebut. But it's worthed! Penantian akan terbayar seiring plot yang bergerak ringan, rapi tapi menusuk scene by scene.

Cooling down dari suasana tegang hadir dari interaksi menggemaskan Laura dan Raka. Dan menjadi twist ketika Dina makin jelas terlibat dalam situasi antara ibu, anak gadis juga pria single diantara mereka. "Jiaahhh... Saingannya orang dalem..." seloroh salah seorang penonton sambil tertawa saat menikmati kisah unik Dina, Laura dan Raka. Sah-sah saja tapi film ini banyak jebakannya. Marked! Endingnya tidak akan terduga seperti apa.

Meski begitu sedikit catatan adalah pada sisi traumatik seorang Raka yang belum tereksplore kuat dan kurang dalam juga sentuhan ending story yang cenderung tipis membuat klimaks film yang menegangkan sepanjang menit menjadi kurang punchline di babak akhir.


SINOPSIS


PARANOIA bercerita tentang Dina (Nirina Zubir) seorang house keeper villa yang paranoia kembali harus bersembunyi di salah satu villa terpencil di Bali demi menyelamatkan diri setelah diburu suaminya Gio ( Lukman Sardie) yang telah bebas dari penjara. Tetapi usahanya justru sia-sia karena anak gadisnya Laura (Caitlin North Lewis) membawa patung berharga Gio secara diam-diam. Pertemuan Laura dan Raka (Nicholas Saputra) tanpa disadari menggiringnya tersandung masuk dalam konflik keluarga ini. 

PEMAIN

  • Nirina Zubir sebagai Dina
  • Nicholas Saputra sebagai Raka
  • Caitlin North Lewis sebagai Laura
  • Lukman Sardie sebagai Gion
Miles Films's never failed!
Let'z comeback to bioscop start from Rafahlevi.com's movie recomendation PARANOIA.
PARANOIA  9/10



Comments