DEKLARASI SCENATION DI ATAS PANGGUNG SHOWCASE SCENE

Deklarator Scenation hadir dari berbagai daerah 

Banyaknya potensi ide kreatif berbasis kearifan lokal di berbagai daerah dari seluruh nusantara sepertinya membuat para alumni scene mencoba merumuskan dan membentuk  sebuah asosiasi penulis.

Selama kurang lebih dua bulan dan intens digodok seminggu menuju terakhir. Akhirnya 26 Juli 2022 dopilih sebagai momentum penting asosiasi ini. Bertepatan dengan malam showcase peserta inkubasi SCENE angkatan 2022. Hotel Sari Pasific, Thamrin Jakarta Pusat menjadi tempat dideklarasikannya SCENATION.  Sebuah asosiasi penulis skenario alumni scene dimana para penulisnya merupakan para penulis muda dari berbagai daerah di nusantara yang tergabung sebagai alumni scene. Scene sendiri merupakan program masterclass penulisan dan pengembangan skenario film dan ott dari KEMENPAREKRAF yang telah menghasilkan  tiga angkatan hingga tahun ini. 

Dalam acara bertajuk showcascene 2022 a networking film tersebut hadir secara virtual Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Wakil menteri Angela Tanoesoedibjo, ketua Badan Perfilman Indonesia Gunawan Paggaru, Asesor kompetensi dan peneliti di bidang perfilman Naswan Iskandar, direktur utama Vision+ Clarissa Tanoesoedibjo, aktor senior Niniek L Karim dan Clara Sinta Rendra, penulis skenario film Lele Laila, para sineas dan insan perfilman Indonesia, para mentor, alumni serta peserta inkubasi SCENE 2022.

Malam itu suasana ballroom hotel Sari Pasific terlihat semarak dengan berkumpulnya para tokoh-tokoh perfilman nasional. Acara dimulai dengan pertunjukan para penari daerah diiringi lagu Wonderful Indonesia. Lalu sambutan dari ketua BPI Gunawan Paggaru dan talkshow singkat bersama wakil menteri Angela Tanoesoedibjo. Di malam itu juga untuk pertama kalinya ditandatangani MOU kerjasama antara BPI dengan vision+ yang dilakukan langsung oleh Gunawan Paggaru dan Clarissa Tanoesoedibjo.

Menginjak acara berikutnya ke dua puluh peserta inkubasi SCENE 2022 yang berasal dari 5 kota penyelenggara mempresentasikan ide ceritanya di atas panggung. Secara estafet mereka saling bergantian memanggil penampil selanjutnya. Tepuk tangan riuh salah satunya berhasil diraih judul naskah "Gang Istri Simpanan" dan "Menari Dalam Sunyi".

Usai penyerahan plakat dan sertikita kepada mentor dan peserta, tibalah waktunya bagi para deklarator SCENATION untuk naik le atas panggung. Berbarengan dengan itu Video SCENATION sedang ditayangkan dalam layar besar dan ditonton seluruh undangan.

1. Kami Scenation penulis muda alumni Scene.

2. Kami scenation berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Kami Scenation siap mensyiarkan Indonesia yang kaya dan beragam dengan otentik.

4. Kami Scenation siap memajukan perfilman Indonesia.

Malam itu Scenation resmi dideklarasikan diatas panggung Showcase Scene 26 juli 2022. Lahirnya sebuah harapan baru bagi ekosistem penulis skenario di industri perfilman nasional.



Comments