5 KARAKTER IBU DALAM DRAMA THE GLORY YANG MENCURI PERHATIAN

Sebagian besar cast dalam drama The Glory adalah perempuan, dan semesta drama ini memang bercerita tentang perempuan. Bahkan penulis hebat dibalik drama ini juga seorang perempuan. Menarik dikupas bagaimana pemikiran perempuan bisa mempengaruhi dan merubah keadaan. Dari sekian banyak ibu di dalam drama The Glory setidaknya ada lima karakter ibu paling disorot penonton. Inilah 5 tokoh ibu dengan karakter-karakter kuatnya yang begitu melekat diingatan penonton.

1.       PARK SANG IM (IBU JOO YEO JEONG/ DIREKTUR RUMAH SAKIT SEOUL JOO)

Sebagai seorang perempuan Park Sang Im menunjukan bahwa seorang ibu harus seimbang dalam mengelola logika dan emosional. Setelah kehilangan suaminya akibat dibunuh oleh pasien. Sang Im melihat dendam di mata anak semata wayangnya. Dia tidak ingin kehilangan lagi. Baik secara fisik maupun jiwa. 

Sang Im memberikan izin saat anaknya meminta restunya membantu membalas dendam Moon Dong Eun. Dalam realita sesungguhnya tentu saja ibu tidak akan membiarkan anaknya terlibat dalam situasi membahayakan atau merugikan terlebih apalagi alasan mencintai perempuan. 

Menulis ini saya jadi teringat kasus viral Sambo dan Mario Dandi, dimana keduanya dimulai dari seorang perempuan. Namun lain dengan Sang Im. ia membantu anaknya dengan cara cerdas sehingga anaknya selamat tanpa melumuri tangannya dengan darah kejahatan. Sang Im adalah ibu yang cerdas dan memilki naluri yang humanis. tak salah ia dijadikan ikon mertua idaman oleh penonton.

2.       KANG HYUN NAM (IBU SUN  AH/TANGAN KANAN MOON DONG EUN)

Sebagai ibu siapa yang ingin anaknya menderita. Meskipun kepedihan itu datang dari suaminya sendiri tapi naluri ibu akan selalu bertindak menyelamatkan anaknya. Inilah yang dilakukan oleh Hyung Nam yang menjadi pembantu Dong Eun dalam membalas dendam. Nalurinya sebagai seorang ibu juga membuat Hyung Nam mampu melewati segala kesulitan berat  dan bekerja keras mengembangkan  diri demi sebuah tuntutan pekerjaan. Semua dilakukan hanya dengan satu upah yaitu keselamatan anaknya.  

Dari ibu Hyun Nam belajar bahwa perempuan bisa menahan rasa sakit yang diberikan siapapun termasuk suami tetapi ketika anak yang disakiti maka dunianya akan hancur atau justru berubah membara seperti api.

3.       PARK YEON JIN (IBU HA YE SOL / PENYIAR CUACA)

Sebagai istri pengusaha kaya raya dan tampan seperti Ha Do Yeong , Park Yeon Jin barangkali memang pantas menyadang sebutan tak tahu diri karena kelaukannya yang seperti dakjal. selain gemar berzina dengan selingkuhannya dia juga perempuan yang jahat dalam segala hal terhadap orang lain. 

Tetapi tak bisa dipungkiri sebagai ibu Yeon Jin selalu berusaha melakuakn yang terbaik untuk anaknya. Sayang memang kejahatan serius di masa lalu telah terbawa tanpa sadar melukai ketenangan hidup indah yang dimiliki Yeon Jin. Sebagai ibu dari anak perempuan cantik  Ha Yeo Sol, Yen Jin pandai menunjukan sosok ibu yang nyaris sempurna. Seperti terlihat dalam scene ketika dirinya membuang rokok saat anaknya tiba-tiba datang.

 Ia juga membantu anaknya belajar dan berusaha mengalihkan kekuranganYe Sol yang buta warna. Sehingga Ye Sol melihat sosok ibu yang  cerdas, cantik, berselara tinggi dalam diri Yen Jin dan ingin mengikuti jejaknya. Ye Jin berusaha menjadi teman  bagi anaknya yang selama ini tidak ia dapatkan dari ibunya sendiri. karenanya bagi Ye Jin kehilangan Ye Sol  menjadi hukuman terberat dari pembalasan dendam ini.

4.       JUNG MI HEE (IBU MON DONG EUN/ PEMABUK BERAT)

Melihat karakter ibu satu ini rasanya mindset childfree wajib ditanamkan pada ibu satu ini. sikapnya sangat tidak ramah bintang satu. Karena bukan hanya menyiksa fisik dan psikis anaknya. ibu seperti Mi Hee ini tega merusak masa depan anaknya demi uang dan kekayaan. 

Selain pemabuk berat Mi Hee juga sama sekali tak memilki naluri keibuan yang lumrahnya dimiliki perempuan. Mi Hee bersekutu dengan para pembully anaknya dan merusak setiap jengkal kehidupan anaknya hanya dengan iming-iming harta dan barang mewah. Sejatinya itu karena Ming Hee yang tak memiliki pasangan sejak Dong Eun kecil, ia bekerja dan menghidupi Dong Eun anak semata wayangnya. 

Berkebalikan 180 derajat dari Hyung Nam yang menjadi kuat demi kerbahagiaan anaknya, Mi Hee justru terperosok menjadi ibu laknat bagi anak perempuannya.

5.       HONG YEONG AE (IBU PARK YEON JIN/DIREKTUR PERUSAHAAN)

Ibu yang satu ini adalah ibu yang super tidak recommended, selain percaya dengan dukun, manipulatif dan menganggap segala urusan ditentukan oleh uang dan kekuasaan. Sebagai ibu Yeong Ae justru menjerumuskan anaknya ke jalan kejahatan yang dibangunnya. Ia juga rela menyerahkan anaknya demi keselamatannya sendiri dan semua harta serta kekuasan yang selama ini dibanggakan. Maka dari sudut pandang yang lain sah saja bila ada yang mendukung setiap kejahatan Yen Jin adalah akibat dari keburukan pola asuh ibunya.

Maka sebenarnya tak mudah menjadi seorang perempuan, lebih tak mudah lagi menjadi seorang ibu. Bahkan meski kecerdasan diturunkan oleh seorang ibu, tetapi ibu juga selalu punya pilihan atas setiap jalan kehidupannya yang akan menentukan  hidup anak-anaknya.

Reza Fahlevi
Founder Rafahlevi dotcom. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Single mom of two. Self improvement dan beauty enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

24 comments

  1. Glory menjadi drama yang sangat fenomenal ya, dan banyak pesan moral yang bisa diambil dari ceritanya. Termasuk dari 5 karakter ibu dalam drama tsb.

    Paling WOW JUNG MI HEE ibunya Mon Dong Eun. Sampe ada ungkapan khusus buat dia: Neraka di bawah telapak kaki ibu ūüėĀ

    ReplyDelete
  2. The Glory seliweran mulu d timeline dan chat wa grup
    sebaguus itu yah.
    kapan2 mau nonton ahhh

    ReplyDelete
  3. di antara kelima ibu di atas, yang paling bikin saya emosi adalah ibunya mon dong eun. saya gak habis pikir kok bisa ada sosok ibu seperti imi, gak ada naluri keibuan sama sekali, huhuhu

    ReplyDelete
  4. Daku beluman nih nonton The Glory.
    Dikumpulkan begini, jadi sesuatu baca karakter para ibu.
    Jadinya sebagai pengingat ya, kalau pas nanti kita jadi ibu kudu bijak dalam bersikap dan menjaga keluarga

    ReplyDelete
  5. karakternya cukup dalam ya. bikin related dan penasaran pengin tahu kisah mereka

    ReplyDelete
  6. Saya paling terkesan dengan Ibu Sun-ah. Dimainkan oleh aktris senior, Kang Hyun-nam, penokohan Sun-ah jadi terlihat begitu kuat. Dia harus bermain dalam dua situasi. Perempuan yang tersiksa karena KDRT tapi sekaligus sebagai seorang informan yang pemberani, bahkan hingga harus merelakan anaknya sekolah di US supaya terhindar dari kejahatan Ayahnya.

    Kalau karakter seperti ini benar-benar ada dalam kenyataan, sungguh ini adalah contoh salah seorang perempuan yang patut diacungi jempol. Tegar dan kuat tapi rapuh di sisi lainnya.

    ReplyDelete
  7. iya, tidak mudah menjadi seorang ibu. Karena baik buruknya perilaku seorang anak, juga dipengaruhi bagaimana ibunya. menjaga citra baik di depan anak-anak itu memang penting, tapi lebih penting menjadi baik dalam kehidupan yang sebenarnya, tak cuma di depan anak-anaknya

    ReplyDelete
  8. Yang nomor 4 dan 5 toxic banget :'( Tapi dalam kenyataan memang ada sih ibu-ibu seperti itu. Sering baca curhatan anak-anak yang dibesarkan oleh ibu-ibu toxic :'(

    ReplyDelete
  9. Walah ternyata The Glory jadi panjang karena para ibu turun tangan
    Saya baru nonton 1 episode, karena habis nonton drama Korea yang bikin kzl dan pindah dulu ke dracin:d

    ReplyDelete
  10. Enggak habis pikir ya, usai baca ini . Butuh kecakapan luas untuk nonton drama glory ini. Dalam artian siap-siap menerima kondisi apapun ibu dalam drama tersebut.

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya agak eksplisit ya... mengenai Ibu mas kunang-kunang ini.
    Karena melihat intensitasnya yang jarang mengobrol, tentu mereka gak bener-bener tau. Tapi karena Ibunya sudah hapal sekali dengan karakter anaknya, maka ia memberikan izin dan restu saat ingin melakukan sesuatu.

    Sungguh mengagumkan karakter Ibu dalam drama The Glory ini.
    Gak ada yang bener-bener sempurna, tapi begitulah sejatinya seorang Ibu. Aneh aja kalok ada Ibu seperti Ibunya MDE.

    ReplyDelete
  12. Aku gregetan banget ama mamaknya dong eun. Haha. Kirain dia bakal mati, ternyata cuma masuk RSJ. Huhu

    ReplyDelete
  13. Yg paling gak respek ibuknya Dong eun wualah blas gak ada sayang2nya sekalipun ma anak sendiri. lha dulu ngapain cobak dilahirin. Kalau ibuk2 jahat lainnya masih sayang ma anak walaupun dengan jalan yang keliru juga sih huhu,

    ReplyDelete
  14. Wah, ibu ibu drama The Glory ibi banyak macamnya ya
    Emang drama paling fenomenal di tahun ini

    ReplyDelete
  15. Aku belum nonton drama The Glory. Tapi secara umum tahulah ke-5 ibu ini dari tayangan-tayangan singkat yang seliweran di Tiktok. Pingin nonton fullnya.

    ReplyDelete
  16. Mba, detil banget ini pengamatannya, keren..memang ya sebenarnya tak mudah menjadi seorang perempuan, lebih tak mudah lagi menjadi seorang ibu. Seperti tokoh ibu di dalam drama The Glory ini

    ReplyDelete
  17. Keren mbak, bisa melihat sisi ini dari film. Kalau saya nonton paling pokok ceritanya begini begitu aja. Jempol deh buat tulisan ini

    ReplyDelete
  18. Aku suka bngt aktingnya KANG HYUN NAM (IBU SUN AH/TANGAN KANAN MOON DONG EUN) gak gampang banget sesabar ketika disakiti suami dan hrs menyelamatkan anaknya

    ReplyDelete
  19. Waw kelima para ibu yang sangat berkarakter, ngeri juga ya kalo punya ibu seperti itu, semoga di kehidupan anak-anak selalu dalam kasih sayang dan didikan ibu yang berakhlak baik dan tegar dalam menjalani kehidupan tanpa menyimpang dari aturan agama

    ReplyDelete
  20. Sumpah aku paling enek dengan JUNG MI HEE ibunya MON DONG EUN. BIsa-bisanya ada seorang ibu yang kejam ma anaknya.

    ReplyDelete
  21. penasaran ingin nonton aneka karakter perempuan sekaligus ibu, memang tak mudah jadi perempuan sekaligus ibu, moga semua perempuan menjadi kuat menjadi tempat ternyaman bagi anak-anaknya

    ReplyDelete
  22. drama yang sempat mencuri perhatianku ini kak meski rasanya sangat sedih di beberapa part heheh

    ReplyDelete
  23. Ngomongin ibu emang nggak ada habisnya. Bermacam karakter dengan latar belakang masing-masing. Termasuk dalam drama The Glory ini. Belum tertarik nonton sih walau potongannya udah muncul mulu di timeline sosmed aku

    ReplyDelete
  24. Macem2 banget variasi karakter ibu2 ini ya. Tapi yang paling ancur ya Mi Hee ini... Bener-bener gak mencerminkan seorang ibu... Hehe..

    ReplyDelete

Post a Comment