Menikmati Trend Wisata Ecovillage di Kampung Berseri Astra Cidadap Padalarang

 

rafahlevi.com - Sekarang ini masyarakat urban mulai menyukai trend liburan sehat yang melibatkan keasrian alam dan tata cara hidup berkelanjutan. Di tengah padatnya rutinitas harian sejenak melepaskan lelah dan penat dengan mencari udara segar sambil beraktifitas sederhana yang berdampak baik pada lingkungan. 

Salah satu destinasi wisata ecovillage yang bisa dikunjungi adalah Kampung Cidadap, Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Kampung Cidadap juga merupakan salah satu bagian dari Kampung Berseri Astra (KBA) sejak tahu 2017 lalu.

KBA sendiri adalah program nasional dari Astra sebagai kontribusi sosial berkelanjutan yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program, yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Hingga kini KBA Cidadap terus konsisten dengan konsep pembangunan berkelanjutan selaras alam. KBA Cidadap terus berkembang dan kini bertransformasi menjadi Kampung Wisata (Ecovillage) bersama desa-desa wisata lainnya dibawah Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Menikmati wisata Ecivillage di KBA Cidadap wisatawan akan merasakan situasi kesederhanaan dan kesejahteraan yang berdampingan dalam ruang lingkup lestarinya alam. warga KBA Cidadap sendiri secara mandiri memiliki sistem tata kelolola lingkungan yang mengadaptasi konsep green economy sirkular. beberapa program masyarakatnya juga terbuka bagi wisatawan untuk bisa turut terjun langsung belajar dan berkegiatan seperti program Bank Sampah.

Program Bank Sampah KBA Cidadap ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kab Bandung Barat. Program bank sampah ini menjadi solusi sederhana yang dapat mengurai masalah tata kelola sampah di kawasan KBA Cidadap.

Program rutin yang sudah berlangsung lama ini akan menghasilkan tabungan rupiah yang berasaldari tabungan sampah. Berjalannya program Bank Sampah tentunya sangat berdampak baik bagi masyarakat Cidadap. Kesadaran masyarakat dalam memilah smapah juga semakin meningkat sehingga lingkungan tetap terjaga dengan asri. 

Selain pengelolaan sampah produktif yang terorganisir lewat bank sampah. Masyarakat KBA Cidadap juga mengolah pilahan sampah organik dengan melakukan budidaya Maggot yang biasa digunakan untuk pakan unggas maupun ikan. 

 Tak cuma menawarkan liburan dengan tema daily activities berkonsep ekonomi berkelanjutan, kampung Cidadap juga menawarkan wisata alam geopark dimana terdapat Konservasi Stone Garden. Seperti diketahui KBA Cidadap terletak di Padalarang Kabupaten Bandung Barat merupakan sebuah kampung yang berada di kawasan lindung Karst Citatah. Kawasan Karts Citatah adalah kawasan yang dilindungi karena merupakan warisan karst tertua yang tersisa di pulau jawa. Keberadaannya banyak menjadi incaran para perusahaan penambang pasir.

Kawasan wisata geopark Stone Garden merupakan kawasan konservasi berupa wisata bumi. Karst Citatah terbentuk pada zaman Miosen, sekitar 20-30 juta tahun lalu. Dikutip dari berbagai sumber kawasan karst Citatah yang membentang dari Tagog Apu hingga Rajamandala berbentuk kawasan laut dangkal yang kemudian mengering.

Stone Garden adalah kawasan yang berisi batuan dengan formasi tidak beraturan sehingga tercipta taman batu yang indah. Stone Garden letaknya berada di puncak Bukit Pasir Pawon dengan ketinggian 709 meter. Kawasan Stone Garden juga dikelilingi oleh lembah-lembah dangkal. Kini Kawasan Geopark Karst Citatah sepanjang 6 km ini menjadi salah satu wisata bumi favorit anak muda. 

Berada diantara  bentangan alam yang eksotis membuat Cidadap berada diantara tebing dan pesawahan yang indah. KBA Cidadap Ecovillage yang mandiri ekonomi berkelanjutan menjadi role model bagi kampung-kampung lainnya bahwa di tengah keresahan akan polusi dan kerusakan alam sekitar ada jalan jika ada kemauan.

Isu lingkungan yang banyak digaungkan memantik kesadaran di masyarakat tentang pentingnya melestarikan alam yang semakin hari semakin memprihatinkan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan dan memperbaiki kualitas ekosistem.***


Rafahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

Post a Comment