Manjur Jamu Indonesia Jadi Warisan Budaya Dunia


Ada gak sih orang Indonesia yang gak tau jamu? Rasanya gak mungkin ya minuman herbal khas Indonesia ini ada yang gak tahu. Kalau belum pernah minum jamu tertentu mungkin pernah ya. Inget banget zaman kecil dulu harus minum jamu kalau gak mau makan dan rasa jamunya memang pahit sekali jadi auto makan deh daripada minum jamu pahit hehe. 

Belakangan aku tahu kalo itu jamu batrawali yang punya khasiat membangkitkan selera makan bahkan filosofinya juga keren yakni "kehidupan yang berat dan terasa pahitpun semestinya harus tetap dijalani manusia sebagai bagian dari pengalaman hidup yang akan membuat manusia menikmati fase hidup selanjutnya."
Manjur bukan maen....

Badan Pendidikan dan Kebuadayaan Internasional (UNESCO) menetapkan jamu Indonesia sebagai representative list of the intangible Cultural Heritage of humanity. Kabar baik itu diumumkan secara langsung pada sidang sesi ke -18 Intergovernmental Committee for the safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Kasane Republik Bostwana.

UNESCO menilai jamu merupakan budaya sehat yang merepresentasikan nilai tradisi masyarakat Indonesia yang berlangsung secara turun-temurun dan masih lestari hingga sekarang.

Jamu sendiri adalah ramuan tradisional asli Indonesia yang terbuat dari berbagai tanaman herbal baik rempah, bunga, daun maupun akar tetumbuhan. Jamu adalah sebuah kearifan lokal yang mengikat ilmu pengetahuan nenek moyang bangsa Indonesia dalam dunia kesehatan dan farmasi obat-obatan.

Sejarahnya dapat dilihat dari kata 'Jamu' yang terukir dalam berbagai peninggalan sejarah seperti relief, prasasti, maupun penyebutannya dalam berbagai kitab lama nusantara. Jamu telah dikenal sejak abad ke 14 kerajaan hindu di Indonesia.  

Jamu memiliki beberapa arti atau makna. Dalam berbagai literasi disebutkan jika kata jamu berasal dari dua katan yang dipenggal yakni ‘djawa’ atau  jawa dan ‘ngramu’ yang berarti  meracik atau mencampurkan. Ada juga yang menyatakan jika kata 'Jamu' berasal dari kata Djampi yang berarti metode penyembuhan dengan menggunakan ramuan herbal.

Meski terdapat beberapa kisah perjalanan kata jamu faktanya jamu memang memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan. Racikan jamu juga tidak pernah berubah dilakukan secara manual dengan resep turun temurun Jamu memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.  

Berbagai jenis jamu dikenal oleh masyarakat Indonesia seperti  temulawak, jahe, kunyit asam, sirih, beras kencur hingga brotowali. Tak hanya memiliki fungsi kesehatan dan nilai ekonomi tinggi, jamu-jamu tersebut juga mengadung makna filosofi yang berkaitan dengan dauir hidup manusia. wahh keren banget ya ilmu pengetahuan medis nenek moyang kita dahulu.


Reza Fahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

Post a Comment