Mengenal Beragam Hidangan Teh Dan Manfaatnya


Masih ingat nggak dengan iklan "ini teh susu.."
Bukan teh minuman yang dimaksud tapi teh susu disini adalan imbuhan kata dalam bahasa sunda. Tapi sebenarnya teh juga ada banyak macamanya loh...

bahkan kurang lebih ada sekitar ratusan teh yang tersaji di alam semesta ini. beberapa dianytaranya adalah teh Oolong, teh Lavender, teh Chamomile, teh Hitam, teh Herbal, teh Balm, teh Hijau dan teh Putih. Yukk kita bahasa satu persatu manfaat dari teh-teh tersebut :
  1.  Teh Oolong 
Teh Oolong adalah teh tradisional Cina yang dihasilk fementasi daun tanaman Camellia sinensi.  Teh Oolong mempunyai khasiat yang banyak bagi tubuh seperti menurunkan berat badan hingga menurunkan resiko penyakit Alzhaimer. Tau gak sih kalo teh Oolong juga disebut 'kopinya' teh. karena mengandung kafein yang tinggi, jadi minum teh Oolong baiknya adalah di malam hari sebelum tidur.

    2. Teh Lavender
Teh lavender adalah teh yang ditambahkan dengan daun lavender dalam campurannya. Teh lavender memiliki manfaat lebih menonjol dalam membangkitkan perasaan tenang dan bahagia penikmatnya.Teh lavender dipercaya dapat meringankan gangguan mental dan psikologis karena lavender memiliki sifat sedatif yang mampu meinkatkan mood.
 
    3. Teh Chamomile
Teh chamomile terbuat dari bunga chamomile yang dikeringkan kemudian diseduh. teh chamomile memiliki warna yang cantik dengan manfaat selangit.Teh Chamomile telah dikenal sejak beraba-abad tahun lalu. Teh Chamomile menjadi alternatif teh tanpa cafein. manfaatnya tak hanya mampu memperbaiki kualitas tidur, menurunkan kadar gula darah hingga mneingkatkan kekebalan tubuh.

    4. Teh Hitam
Teh hitam mengalami proses fementasi secara penuh seperti proses pemanggangan setalh itu teh dijemur sehingga membuat teh jadi lebih hitam. Manffat mengkonsumsi teh hitam beberapa diantaranya adalah meningkatkan kesehatan jantung, mengakal radikal bebas, meningkatkan kesehatan usus dan menurunkan resiko kanker.

    5. Teh Herbal
Berbeda dengan teh-teh lainnya, teh herbal sama sekali tidak mengandung tanaman teh. Teh herbal merupakan sebutan bagi air yang dihasilkan dari seduhan berbagai daun-daun, buah kering, akar atau bunga herbal. Teh herbal memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan peradangan dalam tubuh hingga mengurangi keluhan nyeri di anggota badan seperti kepala dan pinggang.

    6. Teh Balm
Balm adalah nama daun yang serupa daun mint tetapi memiliki aroma layaknya buah lemon. Daun balm kerap diseduh karena menghasilkan minuman serupa teh. Dikutip adri biotifor Teh balm memiliki sifat antimikroba dan antivirus yang didapat dari daun lemon balm. senyawa tersebut mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh bertahan melawan infeksi dan penyakit.

    7. Teh Hijau
Sejak ratusan tahun yang lalu, masyarakat Jepang Asia Tengah seperti Jepang dan Cina menggunakan teh hijau sebagai obat tardisional. Teh hijau mendapatkan pemrosesan yang singkat sehingga kandugan nutrisinya tetap utuh. Manfaat teh hijau banyak dibuktikan terutama di industri kecantikan.

    8. Teh Putih 
Teh putih merupakan teh yang berasal dari Camellia sinesis. Untuk menghasilkan Teh putih bagian tanaman yang diambil hanya bagian kuncup dan daun teh muda.  Proses pengolahan yang unik membuat teh putih punya aroma yang khas dan unik. manafaat dari teh putih adalah mengurangi kolesterol, mengontrol kadar trigliserida, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Reza Fahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

15 comments

  1. ada banyak macam jenis teh yang bisa dinikmati. masing masing punya banyak khasiatnya. Kita tinggal pilih saja mana yang dibutuhkan saat itu ya kak. Dengan ragam pilihan sebanyak ini bakalan ngga bosan nikmatin teh

    ReplyDelete
  2. Banyak ya kak jenis2 teh yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan. Sekarang sih aku lagi suka2nya minum teh Chamomile panas tanpa gula sebelum tidur, rasanya jadi lebih relaks dan tidur lebih nyenyak. Enak bener deh....

    ReplyDelete
  3. Wah wah, teh itu ternyata banyak macamnya ya. Aku tahunya teh biasa aja. teh merah, teh hitam, teh hijau. Paling-paling lihat di drama korea, pada makan teh yang macem-macem. Jadi kepengen nyoba satu-satu deh jenis-jenis teh ini. Penasaran dengan rasa dan khasiatnya.

    ReplyDelete
  4. Macam teh itu ternyata banyak juga ya. Dan kandungannya ternyata bukan hanya daun teh aja. Masing-masing jenis teh punya khasiatnya masing-masing ya.
    Jadi pengen minum teh hangat, selagi udara dingin setelah turun hujan.

    ReplyDelete
  5. yang eprnah minum dari jenis-jenis teh di atas hanya teh hijau, lainnya belum pernah minum. penasaran teh oolong, rasanya kek mana ya.

    ReplyDelete
  6. Sering banget dapet berbagai macam jenis teh tp belum sempet dicobain, jadi langsung pengen nyeduh. Baru denger juga nih tentang teh balm. Makasih infonya yaa

    ReplyDelete
  7. Di antara sekian jenis teh, baru tau banget tentang teh putih. Ternyata buatnya dari bunga Kamelia, ya. Manfaatnya juga ternyata banyak juga ya minum teh ini. Wah.. terima kasih Kak untuk informasinya, jadi makin semangat nih nyeduh teh nya

    ReplyDelete
  8. cungg saya penyuka teh,paling suka sama earl grey soalnya wanginya unik, tapi jarang beli soalnya harganya lumayan, hahaha, lebih sering beli teh tubruk teh upet, ini juga enak banget

    ReplyDelete
  9. Astaga bahkan teh pun banyak sekali ya jenisnya.. biasanya cuma tau teh Jasmine sama teh lemon saja 😆

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget sam teh hijau yang ada aroma jasmine.y, enak aja gitu di indra penciuman, sayang sekarang lagi kurangin minum teh buat kesehatan lambungku. Katanya teh chamomilr jg enk banget tapi belum pernah coba hik.

    ReplyDelete
  11. Saya bukan peminum teh sejati. Kalaupun disuguhi aneka teh, sama sekali gak paham dan gak tahu cara menikmatinya. Hehehe ...

    ReplyDelete
  12. Suka banget teh hijau, semenjak ga boleh kopi karena kena Gerd

    ReplyDelete
  13. Sebagai seseorang yang lebih suka ngeteh ketimbang ngopi, saya sangat suka dengan teh chamomile. Dan ya, ketika tidur lebih nyenyak saja terasa

    ReplyDelete
  14. Mbak aku suka banget sama teh2an, walau sekarang udah mengurangi krn aku ada Hb rendah jadi gk sesering dulu minum tehnya. Paling suka teh herbal yang buat kesehatan kyk teh oolong. Trus aku suka chamomile buat bantu aku tidur nyenyak.

    ReplyDelete
  15. Baru pernah nyobain teh chamomile sama teh hijau. Katanya teh chamomile ini bisa bantu tidur nyenyak. Dari wanginya aja udah menenangkan. Apalagi kalau diminum

    ReplyDelete

Post a Comment