Intip Peta Kuliner Jalur Mudik Pulau Jawa 2024, Ada Yang Pernah Dikunjung Aktor Korea Lee Seung Gi

 

PETA KULINER BANTU PEMUDIK CICIPI ANEKA PANGAN LOKAL 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini peta kuliner jalur mudik mekbali diluncurkan oleh Lementrian Perhubungna melalui Direktorat Jendral Hubungan Darat. Peta kuliner Membantu para pemudik bisa mendapatkan rekomendasi mencicipi pangan lokal jalur yang dilalui selama perjalanan. 

Mudik semakin berkesan dengan diluncurkannya buku  peta kuliner mudik yang dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan melalui Dtijen Hubdat yang terdiri dari 188 halaman. Laman ini lebih banyak dibandingkan peta kuliner lebaran tahun 2023 yang hanya berisi 124 halaman. 

Peta mudik ini berisi informasi terkini mengenai arus mudik dan balik Lebaran 2024 serta Peta Lebaran Pulau Sumatera, Jawa dan Bali yang dapat diakses secara digital.

Dalam buku digital peta kuliner mudik bertajuk 'Yuk Mampir'  terdapat ragam informasi seputar destinasi kuliner dan destinasi wisata favorit di sepanjang jalur mudik lebaran 2024 di pulau Jawa baik jalur pantura maupun non pantura. 

Buku digital peta kuliner Yuk Mampir 2024 memuat berbagai informasi lengkap yang dibutuhkan para pemudik berupa info jalur mudik Jawa-Bali, penjelasan daerah yang dilewati, destinasi kuliner dan wisata yang direkomendasikan, informasi alamat dan jam operasionalnya.

Mobilisasi massive masyarakat dalam waktu bersamaan saat mudik akan menimbulkan gelombang antusias yang sangat  besar tahun ini. Sementara daerah – daerah yang dilewati sebagai jalur mudik di pulau Jawa menyimpan banyak kearifan lokal wisata dan ragama kuliner yang unik dan bercitarasa khas. 

Antusiasme mudik lebaran tahun ini sangat potensial untuk mengangkat  kekayaan pangan lokal dan tujuan wisata daerah – daerah jalur mudik pulau Jawa sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.  

Kuliner mulai dari kota Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya dan kota - kota kecil lain yang dilewati tercantum dalam peta kuliner mudik 2024. Kota- kecil tersebut antara lain adalah daerah Kuningan, Cirebon, Tegal, Madiun dan Malang.

Salah satu yang terpampang direkomendasikan adalah kuliner lupis dan gudeg Mbah Satinem yang melegenda dari Yogyakarta. Aktor Korea Selatan yang bermain dalam Film Vagabond itu pernah mencicipi nikmatnya kuliner khas Yogyakarta tersebut dalam syuting variety show 'Twogether' 2019 silam.

Selain berisi info jalur mudik, tujuan wisata dan kuliner. Peta kuliner mudik juga berisi informasi terkait himbauan serta penjelasan berbagai pengetahuan umum seputar berlalu lintas yang baik dan benar. Beberapa diantaranya adalah pengetahuan mengenal tachometer, waktu kerja pengemudi sesuai dengan UU No.22 tahun 2009 LLAJ pasal 90 hingga sejarah zebra cross.

Seperti telah disampaiakan pemerintah cuti bersama akan dimulai sejak 8 April 2024 - 15 April 2024. Dengan rentan waktu liburan yang cukup panjang tersebut para perantau memnafaatkan untuk mudik lebaran kembali ke kampung halaman. Buku digital diharapkan para pemudik tahun ini dapat melakukan mudik dengan aman dan nyaman sekaligus berkesan.

Untuk Link download Peta Kuliner Mudik Lebaran 2024 klik bawah ini.

Peta Kuliner Jalur Mudik Pulau Jawa 2024


Rafahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

22 comments

  1. Menarik sekali ini, ada peta kuliner mudik karena akan sangat membantu mereka yang dalam perjalanan terhindar dari lapar dan dahaga. Jadi, tidak sulit untuk berhenti dan mampir jika sudah ada target lokasinya.

    ReplyDelete
  2. panduan kuliner yang sangat berguna bagi pemudik, mengangkat kekayaan kuliner lokal sepanjang jalur mudik Pulau Jawa. Sangat informatif! kuy, siap mudik

    ReplyDelete
  3. Saya jadi penasaran dengan kesan Lee Seung Gi terhadap kuliner Yogyakarta. Secara kuliner Yogya dominan manis, kan.

    ReplyDelete
  4. Ijin nambahin ya kak. Utk jalur selatan ada kripik tempe di Bdg. Jalur tengah ada tahu Sumedang

    ReplyDelete
  5. Peta kuliner ini cocok buat traveler ya... Bepergian sambil hunting kuliner khas kan biasanya susah tuh kalau udah ada petanya tinggal ikutin aja. Lebih mudah dan praktis ya

    ReplyDelete
  6. Seru banget bisa mudik mudik gitu yaa, apalah daya keluarga cuma beda desa aja kak.. Jadi belum bisa deh merasakan keseruan pulang kampung.

    ReplyDelete
  7. wah saya baru tahu nih ada peta kuliner khusus para pemudik. secara selama lebaran saya jarang mudik hehe. yang pasti dengan adanya peta kuliner mudik ini banyak orang yang jadi terbantu tuk mendapatkan aneka makanan selama perjalanan mudik

    ReplyDelete
  8. Aah, aku jadi inget acara varshow "Twogether" Lee Seung Gi sama Jasper Liu yaa.. yang asik nongs di street food kue lupis Mbah Satinem, Jogja.
    Seneng ya... wisatawan asing mencoba kuliner khas Indonesia yang kaya rasa dan kaya makna. Aiiih~

    ReplyDelete
  9. beneran pernah dimampiri aktor korea kak???
    wah peta kuliner mudik gini sangat membantu para pemudik yang bukan jalur tol, balik kampung sekalian kulineran,,,,lumayan kan setahun sekali hehe

    ReplyDelete
  10. Selalu menarik memang ngomongin kuliner apalagi saat mudik pasti banyak yang mau dicobain deh. Saya pun terniat mau ngintip juga peta kulinernya nih.

    ReplyDelete
  11. Waawww... 188 halaman yaaa? Tuebel donggg... 🔥 Wajar, sikk, wong petanya mencakup Pulau Jawa dan luar Jawa. Btw, jadi pengen ke lupis Mbah Satinem karena aku belum pernah ke sana meskipun tinggal di Yogya, hehehee...

    ReplyDelete
  12. Emang setiap tahunnya mudik selalu ada kseruan deh dalam perjalanan atau saat di daerah pastinya hunting kuliner2 enak yang mau aku kunjungi lupis mbah Satinem nih karna aku pecinta makanan manis

    ReplyDelete
  13. Penasaran sama bentuk petanya seperti apa. Lumayan juga ya, 188 halaman

    ReplyDelete
  14. Izin download mba, pas banget untuk jadi referensi saat perjalanan mudik ke Jawa ni.

    ReplyDelete
  15. kalau mengikuti petanya gitu jadi serasa turut membersamai juga ya hhee. cuss ditelusuri juga

    ReplyDelete
  16. Cocok nih buat para pemudik yang lagi terjebak arus balik supaya bisa melewati jalur yang aman.

    ReplyDelete
  17. Peta kuliner seperti ini pasti membantu banget untuk para pemudik. Idenya bagus juga. Banyak cerita dan keseruan emang setiap mudik tuh.

    ReplyDelete
  18. Aku baru tahu ada peta kuliner kaya gini. Keren banget sih. Ada nggak ya yang jalurnya dari pulau Jawa ke Sumatera kayaknya seru juga tuh kan banyak makanan lokal yang enak.

    ReplyDelete
  19. Kayaknya nasi bancakan Bandung nikmat banget. Pernah nonton di YT Hari Jisun, kayak mirip gitu.

    ReplyDelete

Post a Comment