Motor Mogok Aki Motor Tak Terawat Dua Tahun, Berani-Beraninya!

Epilog Balada Cewek, motor mogok dan aki rusak.

Ini adalah cerita lucu tentang paniknya motor mogok dan dosa besar sepanjang pake motor dua tahun terakhir. Malu tapi sekaligus ngenes. kayanya kalo motor bisa ngomong dia udah nyap-nyap sambil ngereog teriak : "heiy! yang bener aja!"

Lebaran kemarin seperti kebanyakan orang Indonesia lainnya saya juga dapat THR-an. Diniatkanlah melakukan penebusan dosa sama motor kesayangan yang udah bertahun-tahun jadi soulmate daily work. 
Belakangan emang ngerasa bersalah banget karena motor M*o ini sering ngadat. Mungkin kalau dia bisa jalan sendiri saya udah ditinggalin huhu. 

Yang paling terakhir adalah kejadian otw tempat kerja tetiba mesin motor mati, gak bisa distarter dan sama sekali gak nyala. Kata bapak-bapak yang nolongin saya "ini akinya kayanya haus, Teh". Saat itu saya bingung karena satu, saya gak ngerti kalo aki haus solusinya gimana, kedua jam di tangan udah jam tujuh lewat, saya telat! 

Akhirnya saya terpaksa lanjut pakai angkutan umum dan motor saya tinggalin disana. Lalu saya telepon satpam di tempat kerja saya untuk jemput motor saya di lokasi tersebut.

Singkatnya pas motor saya dimedical check up sama teknisi bengkel motor saya 'bubuk' sekali Guys. Salah satunya adalah Aki motor yang sudah rusak dan wajib diganti. Sampai-sampai si teknisinya bersenandung sholaawat dengan penekanan nada saat mengecek satu-persatu komponen motor saya. "Ya Rabbibil mustofa... baligh magho sidana...". Kepalanya juga geleng-geleng mungkin di hatinya banyak-banyak isttighfar liat kondisi motor saya saking speechless-nya.

Haha lucu sih maintenance-nya tapi nyelekit sih wkwkkw. Antara malu sam pasrah saya juga duduk disitu.Yaa gimana lagi namanya juga cewek taunya motor jalan aja wkwkwk. Pada akhirnya gara-gara motor saya diservis total dan ganti aki saya nyaris buka puasa di bengkel  

Salah satu jenis aki motor

Mengenal Fungsi Aki Dan Jenis-Jenisnya 

Berangkat dari pengalaman itu akhirnya saya sadar motor bukan cuman soal bisa dipake jalan tapi juga harus dirawat. Tertampar kenyataan banget buat sadar akan pentingnya perawatan semua komponennya kalau mau motor terus jalan dengan aman dan nyaman. Salah satu yang paling vital ya kondisi prima aki motor. 

Aki motor adalah komponen motor yang terdiri atas beberapa sel baterai berisi elektrolit dengan terminal positif negatif. Aki berfungsi memasok dan mengalirkan daya listrik ke berbagai komponen motor lainnya seperti mesin, lampu, klakson dan lainnya.

Jika aki motor lemah atau tua dan tanpa perawatan maka mesin motor akan kekurangan daya untuk menyala. Bahkan kadang tidak bisa menyala sama sekali. Fungsi aki motor sangat vital karena seberpengaruh itu untuk jalannya sebuah motor. 

Sebagai pengetahuan aki motor sendiri ada lima jenis, yaitu:

1. Aki Basah.
Aki basah biasa disebut juga dry charge. Aki jenis ini menggunakan cairan asam untuk menghasilkan tenaga listriknya.  Aki basah membutuhkan perawatan lebih intens dibandingkan aki kering. Soal harga aki basah relatif lebih terjangkau dibandingkan aki kering.

2. Aki Kering 
Aki kering atau maintenance free (MF). Aki kering menggunakan separator untuk menyerap eletrolitnya. Namun ada juga yang tetap menggunakan cairan asam namun sudah dipadatkan seperti gel. Dibandingkan aki basah, aki kering lebih santay soal perawatan. Harganya sedikit lebih tinggi dari harga aki basah. Selisihnya berkisar dua ratus ribu hingga tiga ratus ribuan. lumayan yaa.

3. Aki Hybrid 
Aki hybrid merupakan aki perpaduan antara aki basah dan aki kering. Aki hybrid sebenarnya masih menggunakan cairan elektrolit asam seperti aki basah tetapi karena kadar penguapannya sangat minim dan telah memiliki setrum, sehingga bisa langsung digunakan seperti aki kering yang tanpa perawatan intens.

4. Aki Kalsium
Aki kalsium terbilang tak ada bedanya dengan aki lainnya, hanya saja dinamai aki kalsium karena kutub aki dibuat dari kalsium. Kelebihan aki kalsium adalah penguapannya lebih lama bila dibandingkan dengan aki yang lain dan memiliki daya tahan baterai tinggi. Seperti halnya aki kering aki kalsium juga tidak memerlukan perawatan.

5. Aki Gel
aki gel disebut juga aki GN. Aki gel menggunakan cairan asam sebagai penghantar listrik. Kelebihan aki gel lebih tahan terhadap getaran, tidak memerlukan perawatan intensif, dan lebih aman digunakan pada kendaraan yang memiliki sistem elektronik yang kompleks.Aki gel memiliki kelebihan self-discharge lebih rendah dari aki kering biasa. 

Kapan Aki Motor Wajib Diganti  

Aki motor pada umumnya bisa bertahan maksimal dua hingga 2,5 tahun pemakaian. Seiring pemakaian aki akan melemah dan bikin motor susah distarter. Usia pemakaian tergantung pada perilaku berkendara kita loh. 

Misalnya dalam penggunaannya motor digunakan untuk perjalanan kantor 10 km bolak balik tiap harinya maka hanya dua kali starter akan lebih berusia panjang dibandingkan dengan motor yang digunakan bolak balik dihidupkan tetapi jarak pendek misalnya ke warung. 

Kok bisa? Jadi setiap kali menyalakan mesin motor aki akan mengeluarkan beban besar jika jarak tempuh jauh kemungkinan pengisian menjadi lebih baik karena durasi panjang, tetapi sebaliknya jika jarak tempuh sedikit aki akan kembali mengeluarkan beban besar meski belum terisi penuh.

Beberapa kondisi berikut ini adalah ciri-ciri aki perlu diganti seperti Mesin susah dihidupkan, lampu tidak menyala, klakson redup, tidak ada arus baterai dan tegangan dibawah 12,4volt. 

Jika kita sudah harus ganti aki motor jangan lupa empat panduan tips ini supaya kamu gak kebingungan menentukan aki apa buat motormu.

1. Sesuaikan aki dengan kebutuhan dan standar kendaraan
2. Pilih aki yang berkualitas dan tentunya bergaransi
3. Gunakan aki yang original jangan yang KW 
4. Belilah aki ditempat terpercaya

Sebenarnya melihat prosesnya mengganti aki motor ngga rumit sama sekali. Tapi kalo harus dikerjakan di rumah dengan tangan sendiri kayanya gak effortless juga. 

Di Planet Ban aku menyerahkan semua urusan per-aki-an ini sampai tuntas. Selain produknya ori dan bergaransi, petugas mekaniknya juga ramah. Di Planet ban tersedia dua aki motor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan standar kendaraan kita. 

Aku sih kalo soal servis motor dan segala komponene berikut semestanya gak ada tempat servis lebih diandalkan kecuali Planet ban. Sepengalamanku harganya juga affordable dan bisa dengan berbagai metode pembayaran jadi simple kan ngebengkelya. 

Kalo penasaran  lebih detailnya tentang produk dan daftar harga aki motor kunjungi aja langsung websitenya Planet ban. Demi kenyamanan dan kelancaran berkendara aki memang sangat krusial ternyata ya.. Nah sudah sejauh ini ngomongin aki motor, jadi kapan terakhir kali kalian ganti aki motor? Jangan lupa pilih tempat ganti dan akinyang berkualitas ya.


Rafahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com
Newest Older

Related Posts

10 comments

  1. Aki adalah komponen penting kendaraan bermotor. Terlebih, kebanyakan motor matic sekarang sudah tidak lagi dibekali dengan engkol samping sehingga benar-benar bergantung kepada kelistrikan dari Aki. Aki soak, maka mau tidak mau motor harus didorong. Oleh karenanya, kesehatan aki motor benar-benar harus dijaga dan dicek secara berkala sehingga pengalaman berkendara terus aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  2. Langsung otw menghitung usia motor, hmm sepertinya sudah mulai tanya ke kang servis biasa apakah sudah waktunya diganti walau blm kerasa masalah sih hihi biar berkendara tetap nyaman. Kalau sewaktu-waktu mati di jalan dan perlu waktu segera di tempat tujuan, lumayan bikin panik juga yaaah XD

    ReplyDelete
  3. Hahhaa maaf ya Kak, langsung ngebayangin ekspresi abang montir saat lihat kondisi motor punya kakak lalu bersalawat, mungkin udah shock berat yaa. Aki emang kudu diganti dengan teratur ya, jadi kalo motoran jangan cuma isi bensin dan ganti oli aja.

    ReplyDelete
  4. Aki itu penting, tetapi memang sih acap kali terlupakan dalam hal perawatannya. Beda dengan aki-aki kan yaaa. Aki dieeem saja kalau tak dirawat. Kalau aki-aki pasti bakalan protes kalau diabaikan. Hehe ..

    ReplyDelete
  5. Udah ribet deh saya kalau sampai kendaraan mogok di jalan. Pernah ngalamin dan akhirnya telpin sana-sini hehehe. Memang baiknya kendaraan probadi harus terus dijaga kesehatannya. Aki nih yang terkadang suka lupa. Padahal udah jelas ada jadwalnya.

    ReplyDelete
  6. Haduuhh gini deh penyakit ciwi2 emang ngga aware masalah permotoran. Aku juga gitu awalnya. Tapi akhirnyaa tobaatttt. Dulu pokoknya motor bisa jalan udah kaga mikir lainnya. Sekarang udah lebih sayang ama motor yang nganterin ke mana2. Jadi lebih sering service rutin buat kesehatan motor juga. Untung Planet Ban deket rumah!

    ReplyDelete
  7. Gak cuma kulit, motor pun juga perlu perawatan, hehe. Tapi saya ada motor yang suka macet mendadak. Padahal rutin servis dan ganti oli. Udah diganti aki sama busi juga masih suka macet. Kenapa ya:( Apakah karena motornya udah sepuh ? :|

    ReplyDelete
  8. sepeda motor yang sering kita pakai sehari-hari tentu saja akan mengalami penurunan kualitas bila tidak dirawat secara maksimal
    Adanya pengecekan rutin itulah bisa meminimalisir segera jika ada komponen yang mulai aus atau tidak. Jadi segera diperbaiki.
    Insyaallah motornya jadi makin lancar lagi ya

    ReplyDelete
  9. Hihihi pas dibilang urusan per-aki-an berasa aki = kakek2 wkwk, ya ampun pikiranku ke mana ajaa.
    Tapi emang yg namanya motor itu butuh diservis rutin jadi sebelum kejadian mogok bisa diantisipasi ya, sekaligus untuk membuat mesin kendaraan menjadi lebih awet.
    Planet ban tu andalan sih ya soalnya cabangnya juga banyak di mana2 :D

    ReplyDelete
  10. Aki memang jadi bagian penting untuk motor, terlebih lagi untuk jenis matic. Saya sendiri suka menghemat penggunaan aki ini dengan melakukan engkol di pagi hari dan memastikan lampu motor tidak selalu hidup

    ReplyDelete

Post a Comment