ALDEBARAN: INDONESIAN TSUNDERE ROLL MODEL

"apa liat-liat?!”

“ga usah Ge-eR!”

“apa lagiii..”

“bisa ga? Ga nyusahin saya!”

Kalian inget siapa sihh kalo denger kata-kata tsundere itu? 

Yang isi kepalanya langsung visualisasi #ALDEBARAN fix kalian warga paguyuban bucin Kang Gengsian tone tinggi 😄😄

"He’s Aldebaran Alfahri! Indonesian Tsundere Man of the TOP now!"

Hallu mau dijutekin mas Al pake kalimat yang mana nih. Dijutekin aja mau coba sekarang para netijen. Luar biasa, Ketsundere'annya yang mode sultan lagi bikin oleng netijen +62. Fix no debat! Pesona Aldebaran membuat warga lintas generasi khususnya kaum hawa, dari emak-emak sampai ABeGe selalu histeris tiap kali ngeliat wajahnya muncul di layar kaca. Ada yang jerit-jerit, nangis, gereget, gemes, hallu, baper bin meleleh pun ada, macem-macem ekspresinya. Bahkan setiap harinya Aldebaran ini mampu membuat overthinking effect di kalangan pengguna sosial media.

Huwaww fenomena ini membuat Rafahlevi.com tertarik untuk membuat eksklusif ulasan tentang karakter ALDEBARAN “SULTAN TSUNDERE” ALFAHRI.

Apa sih Tsundere itu? 

Tsundere sendiri adalah sifat, watak atau juga pengembangan karakter secara perlahan yang menggambarkan perubahan sikap seseorang dari dingin bahkan kasar menjadi hangat. Waww...

Dalam dunia seni peran, memang karakter tsundere lebih sering ditampilkan oleh pemeran utama laki-laki. Karena sesuai penjelasan harfiahnya tersebut tadi diatas, karakter ini berwatak dingin, keras, emosional dan sedikit bicara. 

Tsundere pribadi yang tidak bisa ekspresif menunjukkan perasaanya apalagi soal perasaan hati. Tsundere cenderung pemarah dan memaksa. Meski begitu karakter tsundere bukan karakter antagonis. Bersamaan dengan karakter dingin yang ditonjolkan secara kuat, sisi humanisnya yang kontras seperti peduli, penyayang dan setia juga turut diolah dengan massive. Para pecinta drama korea pastinya akan paham banget nih tabiat kaya gini. Karena biasanya karakter-karakter tsundere seperti ini banyak ditemui di penokohan serial drama-drama korea. 

Banyak judul serial drama korea dimana pemeran utama pria digambarkan dingin dan penuh gengsi bahkan pemarah namun sebenarnya dia pribadi yang peduli, perhatian dan hangat.

Udah biasa kan nonton drakor cowoknya galak gengsi mendarah daging padahal mah ududuhh... demi cinta mereka rela mati, rela hilang hirarki bahkan rela tersiksa seumur hidup selama tujuh kehidupan. Contoh dalam drama korea misalkan: tokoh Gu JunPyo dalam serial Boys Before Flower, Lee Yong Jae dalam Full House atau tokoh Moon Gang Tae dalam drakor Its Okay Not Tobe Okay. 

Persamaan ketiganya adalah karakter pemain utama yang memiliki sifat meledak-ledak, jago gengsi dan kaku. Namun sebenarnya mereka sangat peduli dan mencintai pasangannya sepenuh hati. Satu yang jangan terlewat juga paras mereka yang ganteng yaa...

Aldebaran: Indonesian Tsundere Roll Model

Hal ini berlaku juga pada karakter Aldebaran yang dimainkan oleh aktor ganteng Arya Saloka. Perhatian tapi bentak-bentak. Cemburu tapi marah-marah. Khawatir tapi tone tinggi. Sayang tapi gengsi. Peka tapi ngeles. Wahhh Aldebaran sekali yaa..  

Watak Aldebaran digambarkan sebagai seorang laki-laki yang gengsian, galak, kaku dan dingin berhasil divisualkan dengan sangat apik. Sehingga setiap misi pesan yang akan disampaikan sang aktor selalu tepat diterima masyarakat. 

Pertanyaannya, Kenapa sih justru Aldebaran yang menyebalkan bisa seviral ini? Bahkan pengikut instagram sang aktornya melaju pesat dari ratusan ribu kini sudah mencapai 3 juta orang.

Tentu saja fenomena demam Aldebaran juga terindikasi karena karakter yang ditampilkan sebagai seorang laki-laki maha gengsi dengan ketsunderan tingkat sultan. Lebih dari itu selain karakter tsundere nya, Aldebaran adalah eksekutif muda yang sukses, sultan dengan kekuasaan tak hingga. Gambaran sempurna inilah yang membuat para penggemar tergila-gila pada sosok fiktif Alfebaran. Penokohan yang fresh, keluar dari karakter stereotif total jahat atau total tertindas.

Arya Saloka sendiri telah sukses memberikan nyawa dan menghidupkan karakter Aldebaran. Dia mampu menampilkan visual, detail gestur, pengolahan emosi, rasa, mimik wajah, dan ekspresi di setiap scene sesuai porsi dan kebutuhan konfliknya. Bahkan dalam adegan minim dialog. Arya Saloka mampu membawa penonton terhanyut dalam cerita yang disampaikan.

Arya Saloka bukanlah aktor pendatang baru. Diketahui ia sudah memulai debut karirnya sejak 11 tahun lalu dan berakting di semua jenis produksi baik itu film, film televisi, sitkom juga sinetron. 

Namun sosok sentral di sinetron Ikatan Cinta, Aldebaranlah yang kemudian kini menjadi capaian terbaiknya selama mengepakkan sayap karir di industri seni peran dan hiburan tanah air. Menjadikannya sebagai sosok idola paling digandrungi sekaligus standar baru kualitas laki-laki idaman para jomblo di negeri ini. Baik sebagai Aldebaran ataupun sebagai pribadinya di dunia nyata Arya Saloka.

Keberhasilannya memainkan pemeran utama laki-laki tak lepas dari pengalaman dan kemampuannya membedah karakter sebagai seorang aktor. Dalam sinetron Ikatan Cinta sosok Aldebaran atau juga booming dipanggil Mas Al ditampilkan sebagai seorang pengusaha muda yang sukses, tampan, berkelas, namun juga keras. Secara eksplisit Aldebaran dikesankan sebagai laki-laki tangan besi yang mampu melakukan dan mendapatkan apa yang dia mau dengan materi dan kekuasaan yang dia miliki. Namun dibalik itu tim penulis juga memberikan sentuhan halus namun intens pada kepribadian Aldebaran yang menunjukkan sisi lainnya sebagai seorang family man yang loyal, berhati lembut dan penuh kasih sayang.

Meski cinta begitu besar Aldebaran tetap kaku dan sulit berekspresi menunjukan perasaannya. Apalagi untuk bisa mengucapkan kata cinta. Semakin dia sayang semakin ucapannya akan berkelit, dan semakin dia cemas maka kemudian marah yang akan ditampilkan menutupi kekhawatirannya. 

Disinilah poin yang membuat masyarakat dibuat jatuh cinta pada Aldebaran. Selalu bikin gemes penonton. Karena justru tipe seperti ini adalah laki-laki yang cenderung setia dan selalu ada untuk orang yang dia cintai. Sifat yang demikianlah yang kini membuat kaum ciwik-ciwik di seantero negeri bersama memanjatkan doa meminta jodoh seperti Aldebaran. 


Sinetron Ikatan Cinta sendiri hingga kini sudah masuk 146 episode dan masih kokoh bertengger di puncak rating program tv nasional di jam primetime dengan audience share selalu diatas 44%.

Kini warga pengguna media sosial pastinya telah begitu hatam dengan branding maskulin Aldebaran yang gengsian tapi bucin. 

Penggunaan tanda pagar yang memakai namanya juga terhitung lebih dari jutaan postingan. Pun dengan akun-akun fanbase yang mengidolakan dan intens memperbaharui kabar Aldebaran ada ratusan jumlahnya.

Melihat dari perkembangan karakter di setiap episodenya, konflik utama mulai terurai, cinta makin membengkar, kini pertanyaan selanjutnya adalah Mungkinkah Aldebaran akan berubah? Apakah ketsundere'annya ternyata disebabkan situasi dan konflik balas dendam yang salah sehingga kedepan Aldebaran berbalik menjadi seorang bucin dan membuka diri? Atau dia akan tetap menjadi seorang yang kaku dan dingin. Mari kita kawal Aldebaran agar tetap menjadi Indonesian Tsundere Roll Model.

Januari, Bandung


Comments

  1. Pada demam Aldebaran nih di mana-mana

    ReplyDelete
  2. Kak Rafah ternyata mengikuti kisahnya si ganteng ini ya. Daku nggak nonton sinetronnya tapi tahu sekilas tentang si tampan itu, eeaa

    ReplyDelete
  3. Ganteng nian
    Saya kudet berat nih. Baru tahu ada sinetron Ikatan Cinta yang pemerannya gak kalah dengan Lee Min Ho. Nonton ah 😀😀😀

    ReplyDelete
  4. Sepertinya pemeran sinetron ini sedang rising, ceritanya seru katanya...mantul

    ReplyDelete
  5. Wah dapat ilmu baru nih. Tsundere.

    Aldebaran ini emang lagi hits ya. Bintang²nya juga lagi banyak dapat sorotan. Luar biasa pokoknya. Bertebaran secara massive di medsos setelah sekian lama tidak ada sinetron yang jadi kegemaran publik.

    ReplyDelete
  6. Aldebaran lagi talk of the town dan trending topic banget
    Selamaattt buat para kreator serta jajaran aktor di balik serial ini
    semoga bisa menginspirasi yg lain ya

    ReplyDelete
  7. Yaampun kakak. Saya tetiba syok kesenengan liat foto Mas Al.
    Idola banget, karakter Tsundere nih beneran bikin gemes yang sekaligus ngangenin.
    Penulis skenario dan pemilihan aktor seperti timun sama sambel duh endul benget.😍😅
    Enjoy tiap nonton meski kadang rada gemes dengan plot yang terasa lamban...

    ReplyDelete
  8. mas Al sedang viral banget yaaa ditunggu para emak se-Endonesia
    baru tahu tsundere adalah seseorang yang "biasanya menunjukkan sikap dingin, tetapi di depan orang yang disukainya, sikap tersebut berubah menjadi penuh kasih sayang. Sungguh terasa perbedaan sikap ini."

    Bagi yang pernah merasakan sikap Tsundere ini, tentu saja merasa sedih, karena kerap menjadi bingung, gitu kaaaan

    ReplyDelete
  9. Wah idola mak mak banget nih..entah kenapa karakter spt Mas Al ini banyak bikin penonton penasaran ya...mungkin karena emosi penonton juga dibawa terombang-ambing. Tapi in real life sptnya aku bakal ‘naon sih marah2 wae...’ kalau nemu cowok kaya gini. Keburu gak sabaran 😄

    ReplyDelete
  10. Haha ini dia sosok yang lagi digandrungin emak-emak sejagat Indonesia. Sampe proses syutingnya menimbulkan kehebohan karena mengundang massa. Salut juga :)

    ReplyDelete
  11. Ini rame bgt kalo udah ketemu ibu-ibu, semua pasti ngomonginnya ini deh, idola terbaru buat ibu-ibu Indonesia yah

    ReplyDelete
  12. Mas Al lagi viral banget yak
    Tiap malam TT di twitter mulu ih, hebaattss
    Yah, semoga sineas Indonesia bisa bikin karya yg kece kayak gini ughaaa

    ReplyDelete
  13. Ikatan Cinta saya baru lihat sekali. Saya seringnya lihat akting Arya di program FTV siang. Jadi karakter Aldebaran ini belum bisa saya pahami semua. Bikin penasaran sih, hehehe

    ReplyDelete
  14. Karakter tsundere kayak gini banyak ada di drama korea, cina atau jepang. Ternyata di sinetron indonesia pun ada. Meski enggak ngikutin, tapi sering dengar nama aldebaran bertebaran di sosmed. Begitu baca artikel ini saya baru paham aldebaran itu siapa,wkwkwk

    ReplyDelete
  15. dan saiyah ndak tau siapa aldebaran hehe.. maapkan, ga gaul dg tayangan tv. tapi menarik juga, jadi tau istilah tsundere.

    ReplyDelete
  16. Kalau baca kata 'tsundere', auto ingat karakter Jepang. Memang bikin gemes sih yang punya karakter begini. Hehehe.

    Saya gak tau sinetron Aldebaran. Tetapi, sepertinya memang sedang ramai banget, ya. Di Twitter sering jadi viral :)

    ReplyDelete
  17. Jadi kalo ada yang perhatian tapi bentak-bentak, cemburu tapi marah-marah, khawatir tapi tone tinggi, sayang tapi gengsi, peka tapi ngeles, langsung aja tembak #DASARALDEBARAN luh. Kekekekeke.

    ReplyDelete
  18. Ya ampun Aldebaran memenuhi time line ku
    Semula gak paham, sesudah tau .... bangga deh, Indonesia menyimpan Aldebaran yang jago akting
    Ga kalah dengan aktor drakor dan dracin

    ReplyDelete
  19. Wah ada Mas Al. Hehehee. Aku nggak ikutin sinetron ikatan cinta sih Mom, tapi memang banyak banget beritanya dimana-mana dan memang perlu diakui kalau Arya Saloka ini ganteng dan cool. Hehehee.

    ReplyDelete
  20. wahahaha sinetron favorit papa mamaku nih, gak bisa diganggu gugat, mereka fans Al dan Andin garis keras. Al ini memang bucin banget sebenarnya hahahah

    ReplyDelete
  21. Aduh idola ibu-ibu banget ini Mas Aldebaran. Ganteng gitu.. Pantesan bisa ada di puncak rating terus ya. Soalnya emak-emak suka sama mas nya

    ReplyDelete
  22. Aku juga ikutan gemes meski tak mengikuti jam tayangnya.
    Sering banget berseliweran di instagram.
    ternyata episodenya udah ratusan, hebat masih menjadi tontonan favorit.

    ReplyDelete
  23. Sinetron ini merasuk sekali ya Mbak. Banyak banget penggemarnya. Ibu saya juga gitu hahahaha. Pokoknya anteng mantengin tipi nonton Ikatan Cinta sambil komentar sana sini hahahaha.

    BTW, jadi dapat perbendaharan kata baru nih. TSUNDERE. Lengkap banget penjelasannya. Dan bener nih karakter/sifat ini bertebaran di hampir semua drama. Terutama penokohan lelaki yang gengsian atau susah untuk mengutarakan isi hati.

    ReplyDelete
  24. Saya baru tahu istilah tsundere ini.
    Eh suami yang biasanya nggak suka lihat sinetron, Jadi suka juga lihat Ikatan cinta lho.

    ReplyDelete
  25. Tsundere.. kok malah yang terpikirkan itu tentang anime yak jadinya, wkwk ngakak

    ReplyDelete
  26. Aku udah suka sama Arya saloka dari dulu dia main di beberapa FTV. Ternyata kini namanya kian melambung dan bakat aktingnya kian mumpuni
    Karakter tsundere ini emang akrab banget dalam tokoh2 di drakor

    ReplyDelete
  27. Tsundere tipe2 yg disukain perempuan di drama nih, tp kalo IRL ga gitu banyak kali ya. hahaha. aku ga tau sih cerita Aldebaran ini gimana, tapi lihat dari bajunya di sini, sinetron Indonesia naik kelas yaa.. cakep kyk drama korea dan china pakaiannya

    ReplyDelete
  28. ga ngikutin ikatan cinta jadi ga kenal dia cuman ya ini laki terkenal bgt ditiktok

    ReplyDelete
  29. Arya Saloka ya namanya... hmm lumayanlah hehe... pemain FTV juga kan dia nihh,. Jadi sebutan untuk karakter gengsian, dingin, dan kaku gitu tsundere ya, noted. Sip dehh aldebaran yg bikin jantung berdebaran hehehe

    ReplyDelete
  30. Demam Aldebaran yah hehhehe.. viral deh..ganteng sih hahahhaa.. Arya saloka dulu tahunya masih jadi pemeran pembantu kalau di FTV gitu.. sekarang dah jadi pemeran utama yah..yang ditunggu ibu2 deh

    ReplyDelete

Post a Comment