SUKSES IKATAN CINTA MENJADI "THE TALK OF THE TOWN" INI ALASANNYA


Ditengah gempuran berbagai platform aplikasi nonton online dan berbagai jenis tayangan hiburan, nyatanya media televisi lewat sinetronnya masih bisa diandalkan sebagai pilihan masyarakat dalam memilih tontonan. Booming sinetron Ikatan Cinta yang tayang setiap hari di jam primetime lewat kanal stasiun televisi RCTI kembali menghenyak kualitas sinetron negeri ini. Setelah beberapa waktu sinetron Indonesia dianggap monoton dan seret kreatifitas tiba-tiba Ikatan Cinta hadir sebagai sinetron stripping yang mampu mengobati kerinduan nasional pada sinetron berkualitas.

Telah berjalan kurang lebih 157 episode sinetron Ikatan Cinta tetap kokoh di puncak perolehan rating sebagai top lead all the time. Tidak kalah menarik perhatian adalah share dan rating yang didulang terbilang sangat tinggi. Capaian angka dua digit membuktikan sinetron yang memasangkan aktor Arya Saloka dan aktor muda berbakat Amanda Manopo ini telah mencuri hati penikmat sinetron tanah air. Tak disangsikan karena sinetron ini telah beberapa kali mencetak rekor baru dalam sejarah penayangan sinetron di Indonesia. 


Setelah tembus rating mengungguli rekor yang pernah di cetak sinetron stripping serupa yakni CINTA FITRI SEASON 3 di tahun 2009 lalu, sinetron IKATAN CINTA terus menerus mengulang pecah rekor perolehan rating tiap harinya. Hingga rekor tertingginya tembus audience share 50,1% lewat penayangan episode ke 157 Senin 8 Februari 2021 kemarin.

Saat ini dimana-mana orang membicarakan Ikatan Cinta, Aldebaran-Andin, Aladin Couple dan berbagai hit word  dari sinetron ini. Semua kalangan dimanapun dan kapanpun menonton, membicarakan, bahkan menjadikan sinetron ini sebagai konten kreasi yang menarik dan menghibur.

Pencapaian dan fenomena ini pantas menjadikan sinetron Ikatan Cinta disebut sebagai The Talk of The Town Issue alias "Buah Bibir". Sebegitu antusiasnya masyarakat membuat Rafahlevi.com tertarik mengulas beberapa alasan mengapa sinetron garapan sutradara Doddy Jonas dan asisten sutradara Sendy Widodo ini mampu merebut perhatian penonton Indonesia secara masive di masa pandemi.

1. Ide cerita fresh dan out of the box


Meyakinkan penonton untuk menonton sebuah sinetron atau film dimulai dari sebuah ide cerita. Dari ide dasar ini lah kekuatan loyal penonton akan dipetakan. Ikatan Cinta memiliki ide cerita yang terbilang segar meski tidak baru. Karena di satu dua sinetron ataupun film pernah mengangkat tema dendam dan cinta. Namun ide dasar Ikatan Cinta tentang kisah perjalanan cinta sejati yang dilumuri dendam dan salah paham setidaknya telah mengambil langkah keluar dari zona stereotip sinetron Indonesia yang belakangan ini tayang di televisi.


Dari sinopsis selama berjalan 157 episode diceritakan Andin adalah tertuduh kasus pembunuhan Roy adik dari Aldebaran. Kisah emosionalnya justru dimulai saat Aldebaran menikahi Andin tanpa cinta melainkan tujuan balas dendam. Seiring waktu dendam berubah jadi cinta, dan kenyataan bahwa pelaku pembunuhan Roy adalah bukan Andin makin meruncingkan konflik sebenarnya. Konflik utama terus digerus dan pengembangan alur dibuat terus liar dan penuh plot twist. 

Meski patut diapresiasi kemampuan tim penulis yang tetap konsisten on the track dalam mengalirkan konflik-konflik tipis yang terselesaikan satu persatu sehingga tidak mbeleber kemana-mana, namun pengulangan ritme emosi yang sama tetap mengundang kejenuhan bila diteruskan.

2. Eksekusi Produksi Berkualitas


Kebutuhan stock shoot sinetron stripping yang memang kejar tayang biasanya terbentur waktu yang sempit. Bahkan sampai live scene untuk melengkapi durasi. Ini yang kemudian seringkali menjadi alasan sekaligus pembelaan atas minimnya kualitas sebuah produksi. Selain itu para production house tidak serta merta 'jor-joran' membiaya produksi seperti sebuah film mengingat opportunity cost yang seringkali memiliki selisih cukup signifikan. Semua triger tersebut berimbas pada totalitas adegan dan mutu penayangan.

Namun satu hal yang lain dari sinetron Ikatan Cinta adalah salah satunya totalitas tim produksi dalam mengeksekusi naskah skenario di lapangan. Selain kemampuan akting para aktor yang tampil di layar kaca, tentu kredibilitas para punggawa belakang layar sangat menentukan hasil akhir sebuah tontonan. Sinematografi dan sounding dari sinetron ini layak diakui memiliki kualitas diatas rata-rata sinetron Indonesia pada umumnya.


Penggarapan backsound selain Original soundtrack misalnya diaransemen khusus sehingga tidak dimiliki oleh sinetron lain. Pun dengan pengerjaan visualnya, Ikatan Cinta sejauh ini menampilkan sinematografi setting dan gambaran yang matang konsep. Suguhan yang memperhatikan detail, tidak asal tayang, menggarap pengambilan gambar dengan baik sehingga menampilkan visual apik sekaligus epic di layar kaca sudah pasti menuai respon positif bahkan pujian masyarakat.

Linier dengan penggarapan produksi, wadrobe dan tatarias pun dikonsepkan dengan matang untuk memvisualisasikan dengan detail setiap tokoh beserta karakternya. Tokoh Aldebaran seorang pengusaha sukses dengan karir moncer digambarkan dengan visual outfit smart trendy juga smart casual daily look, dengan gaya rambut maskulin klimis dan selalu mode rapih. Andin istri sultan yang manis dan lembut seringkali disandingkan dengan sexy outfit, elegant dan simply look but classy.

Lain dengan Elsa yang berperan antagonis outfit yang ditonjolkan adalah berani, keras namun fashionable sesuai dengan karir model yang diperankannya. Selain peran-peran sentral tersebut adalah gaya busana mama Rosa ibunda Aldebaran yang dikesankan sebagai strong woman, mapan, intelek dan berkarakter.

3. Kemampuan Akting dan Komposisi Proporsional The Casts 


Selain alur cerita yang segar dan dinamis, penggarapan produksi yang matang tak asal-asalan, para aktor Ikatan Cinta mampu menginterpretasikan tuntutan naskah dengan baik. Selain boom chemistry dari lead couple Aldebaran-Andin, ada juga karakter-karakter pendukung lain yang kuat memainkan perannya masing-masing sehingga mengapa sinetron ini bisa diterima dan meledak di seluruh lapisan masyarakat. 

Sudah barang tentu satu yang paling menyedot perhatian adalah tokoh ALDEBARAN “SULTAN TSUNDERE” ALFAHRI demikian kini julukan itu disematkan pada aktor Arya Saloka atas kemampuan aktingnya yang menawan. 


Mengesankan memang ketika bicara chemistry sang pemeran utama pria Arya Saloka sebagai Aldebaran dan pemeran utama wanita Amanda Manopo sebagai Andin. Pertama kali dipasangkan namun berhasil membius masyarakat dengan kemampuan akting mereka yang memikat. Luar biasa karena ALADIN COUPLE begitu penggemar menyebut pasangan ini, berhasil menyampaikan pesan sebagai lead couple dengan visual dan rasa yang sempurna. 

Tapi tak kalah manis chemistry ibu dan anak antara Sarinila dan Arya Saloka juga kuat terbangun di layar kaca, seiras dengan chemistry memukau antara Surya Saputra dengan Amanda Manopo sebagai ayah dan anak perempuan, juga menarik melihat chemistry bromance antara Arya Saloka dengan Ikbal Fauzy sebagai boss dan Rendy, tangan kanannya.


Secara keseluruhan aktor-aktor yang bermain dalam sinetron Ikatan Cinta yang tayang mulai 19 Oktober 2020 ini memang memiliki kualifikasi aktor dengan jam terbang mumpuni. Bahkan aktor cilik Farashakilla yang baru berusia 5 tahun pun mampu dengan piawai memainkan sosok Reyna dengan menawan.

Komposisi pemain dalamm sinetron Ikatan Cinta juga patut diapresiasi. Komposisi pemain yang tepat pada 'pos'nya mempengaruhi rasa yang diperlukan oleh setiap tokoh untuk tampil sesuai kebutuhan karakter dalam cerita. Seperti misalnya tokoh Kiki, asisten rumah tangga yang memainkan peran kecil tapi disorot. Kebutuhan skrip pada tokoh kecil yang menghibur dan menekan tensi tinggi saat konflik utama berjalan berhasil dimainkan pesinetron Ayya Renita dengan iconic.

Tampan dan cantik, kemampuan seni peran diatas rata-rata, totalitas dalam profesionalitas, mampu menghidupkan tokoh yang dimainkan baik visual, detail gestur, mimik wajah, rasa , tatapan, hingga dialog, kesempurnaan racikan mutual inilah yang sampai di hati para penonton Ikatan Cinta sehingga setiap karakter kuat melekat di ingatan masyarakat

4. Intens menganalisis aspirasi penonton


Sebagai sinetron yang saat ini sangat direspon tinggi masyarakat, sinetron Ikatan Cinta pandai memanfaatkan momentum. Keberhasilannya menyodok perhatian pengguna media sosial twitter dan instagram tentu saja memudahkan tim produksi melihat feed back secara cepat dan terukur. Dari berbagai cuitan, caption instagram hingga komen netijen, tim penulis justru menemukan cara untuk melibatkan penonton dalam menentukan langkah mengembangkan jalan cerita selanjutnya sehingga alur terbangun dinamis. Bahkan melibatkan ide-ide 'gila' penggemar adalah real action bagaimana tim produksi memanjakan penonton.
 

Seperti misalnya adegan Aldebaran dan Andin naik motor sesuai banjir permintaan penggemar, scene memperlihatkan apartemen Rendy asisten pribadi Aldebaran yang sibuk sebagai jawaban rasa penasaran penonton, menjelaskan lewat dialog Aldebaran-Andin perkara paspor Aldebaran yang dikritik netijen, hingga percakapan 'ghibah' trio pekerja di rumah Aldebaran tentang over thinking rumah tangga Aldebaran yang mewakili keresahan masyarakat. 

Scene - scene tersebut based on keresahan, aspirasi sekaligus tantangan dari masyarakat yang kemudian dijawab dan ditayangkan di layar kaca. Treatment-treatment seperti inilah yang kemudian membuat masyarakat 'baper' merasa diperhatikan dan diakui keberadaanya serta diperhitungkan saat turut andil memberikan masukan, honest feedback dan juga solving. Ini yang lagi-lagi membuat Ikatan cinta lain dari sinetron Indonesia lainnya

5. Trailler dan Behind The Scene adalah Candu

Trailler sebagai jalan ninjaku. Ungkapan nyeleneh ini nyatanya berlaku untuk sinetron satu ini. Setiap harinya pantauan masyarakat pengguna media sosial dipagi hingga siang hari nyatanya berfokus pada trailer atau bocoran scene yang akan tayang di episode malam selanjutnya. 

Cerdik mengolah rasa penasaran penontonnya, trailler dimunculkan dan selalu diarahkan agar membuat para penggemar menjadi over thinking. Bahkan tak jarang penulis berhasil membuat sebuah kecohan atau prank yang membuat penonton gereget. Meski kadang menuai protes dan kritikan namun trik tersebut selalu membuat para penggemar tepancing makin penasaran dengan keutuhan episode yang tayang malam harinya tersebut. Maka dengan fanfact demikian upaya promosi trailer ini dianggap tepat sasaran. 

Mood penonton juga ditarik dengan kesan lebih ceria dengan kontinyuitas hadirnya video-video 'dibuang sayang' alias behind the scene dari adegan-adegan yang sudah tayang.

Kehadiran sinetron Ikatan Cinta  memang menjadi angin segar di tengah kejemuan masyarakat pada situasi persinetronan Indonesia yang didominasi oleh ide cerita yang homogen, monoton, dan stereotif. Untuk mempertahankan popularitas dan tetap mendapatkan tempat di hati masyarakat tentu saja Ikatan Cinta harus konsisten dengan kualitas, kreatifitas dan totalitasnya dalam memberikan tayangan terbaik di setiap episodenya. Baik itu akting pemain, ide cerita maupun teknis produksi lainnya. Mampukah sinetron Indonesia satu ini terus melakukannya?


Comments

  1. waaawaaawaaaaa.. Puas bangeeet bacanya dari awal sampe akhir,
    bacanya sambil meresapi nih aku ^^

    penasaran awalnya gara gara nyokap heboh bangeeet ama Ikatan Cinta, sampe detail dan ketawa ketiwi baca komen netijen yang lucu lucu di instagram official Ikatan Cinta!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much has enjoy reading kak TantiπŸ™❤

      Delete
  2. saya termasuk bagian dr org2 yg gak pernah nonton sinetron ini, tapi sking viralnya malah jadi tau. Eh trnyta suami penonton setia Ikatan Cinta wkwkwkw, fenomenal ya

    ReplyDelete
  3. Senang banget bacanya
    Plot cerita yang ngga biasa, akting memukau, chemistry yang kuat, sebetulnya udah cukup untuk membuat penonton mengapresiasi
    Ditambah medsos dan blogger yang blow up, pintu sukses sinetron kita semakin terbuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi dah visit Ambu
      kesayangan akuhπŸ™πŸ˜—

      Delete
  4. Heboh bangets emang Ikatan Cinta ini ya..Pandemi yang membuat orang lebih banyak di rumah saja juga salah satu momen bikin jumlah penonton lebih banyak sepertinya, di luar semua keistimewaan yang ada
    Dan dari artikel ini saya bisa nangkap kelebihannya, pantesan jika netijen begitu mengelu-elukan. Semoga makin banyak sinetron Indonesia yang berkualitas nanti, seperti Ikatan Cinta ini.
    Saya sayangnya belum nonton, karena saya pelanggan TV kabel First Media yang enggak ada channel RCTI grup , sebab kompetitor mereka :). Tapi saya nonton sih trailernya di sosmed ..

    ReplyDelete
  5. Wah keren banget Mbak ulasannya. Kalau saya boleh simpulkan sih ada tangan-tangan hebat di bagian manajemen yang mampu mengolah produksi dan perhatian publik sehingga sinetron ini berada di jalur yang tepat. Baik itu untuk kualitas dan isi dari cerita sinetronnya maupun untuk pengolahan karakter dan kualitas acting para pemain.

    Saya sih tidak nonton sinetron ini karena di rumah gak tersambung dengan channel RCTI. Tapi Ibu saya mengikutinya dengan baik. Seru aja kalau dengerin ceritanya hahahaha. Sampai kadang-kadang terlalu bersemangat menceritakan karakter yang diperankan oleh Arya Saloka.

    ReplyDelete
  6. Cerita film ini cukup panjang bagi penikmat film keluarga. Aldi dan andin juga lingkungan pemeran cukup apik

    ReplyDelete
  7. Di sebuah infotainmen, Arya (pemeran Aldebaran) bahkan sampai ngomong kalo cerita pada skrip mulai ngaco, ia rela keluar. Sedangkan jalan cerita plus para pemeran menjadi daya magnet kan bagi masyarakat untuk menonton Ikatan Cinta ini. Nah, aku tu kadang mikir kenapa sih sinetron Indonesia nggak dikemas kaya Drakor yang pasti udah sampe episod sekian gitu lo. Gak pake kejar tayang.

    ReplyDelete
  8. apa cuma aku aja yg enggak ikutin aldebarn dan andi, apa aku sudah terlambat untuk nontonin mereka ka hikks

    ReplyDelete
  9. Beb aku baru tau loh ceritanya heboh banget ya dimana-mana

    ReplyDelete
  10. Ulasannya bagus banget, sayangnya Lae gak nonton sinetron. Padahal sodara2 kalau ngumpul pada ngobrolin IC.

    ReplyDelete
  11. Ulasannya bagus banget, sayangnya Lae gak nonton sinetron. Padahal sodara2 kalau ngumpul pada ngobrolin IC

    ReplyDelete
  12. Deuh aku mah gimana atuu mau nonton sinetron juga tv nya di sabotase sama anak-anak nonton youtube an haha..

    ReplyDelete
  13. sinetron paling viral kayaknya ni Ikatan Cinta hehe.Ulasannya keren Teh, aku yang bukan penikmat sinetron jadi penasaran nih, tapi mau nonton udh kejauhan ya 157 episode wkwk

    ReplyDelete
  14. ikatan cinta nya heboh ya bun tim ga nonton film ini

    ReplyDelete
  15. Haduwhhh, di rumah jd pd ntn ini semua gara2 mamih qu sukaa bangedd, termasuk suami aq πŸ˜…

    ReplyDelete
  16. Emosi penonton dibikin naik turun bikin sinetron ini banyak diminati banyak kalangan

    ReplyDelete

Post a Comment