PARASITE (OSCAR WINNER) : KETIKA SI KAYA DAN SI MISKIN BERBAGI DUNIA

Hingga hari ini film Parasite masih menjadi salah satu K Movie yang menyenangkan untuk direwatch. Alasannya tentu saja banyak faktor, selain alur cerita yang ringan dan memgalir tanpa hafus susah-susah berfikir untuk mencerna, setiap scenenya terasa relate dengan kehidupan masyarakat pada umumnya. Kontradiktif si kaya dan si miskin bak langit dan bumi serta kejomplangan sosial dalam kehidipan nyata masyarakat korea mengena di benak penonton. Bagaimana keluarga Kim Ki Taek berusaha menggunakan "kepintaran" masing-masing mereka dalam bersiasat sekedar untuk mencicipi menjadi benalu di sebuah rumah super elit nan moderen.

Lebih dari itu kemampuan para aktornya memainkan rasa dan peran diracik apik dalam olahan tangan dingin sang sutradara yang juga penulis skenario Parasite ini. Tehnik pengambilan gambar, keselarasan dalam mengeksekusi various montage yang halus dan pentaan scene by scene yang artistik juga membuat penonton betah mengikuti hingga akhir tayangan.

Meski sempat menuai kontroversi sebenarnya sah-sah saja tentu bila film tersukses yang berhasil ditonton lebih dari 3 juta penonton ini diganjar penghargaan internasional paling bergengsi sekelas Oscar. Jadi sudah berapa kali menonton K movie satu ini?
DETAIL:
Sutradara : Bong Joon Ho
Penulis : Bong Joon Ho
Rilis : 30 Mei 2019 (Korea)
Durasi : 132 menit

CAST:
Song Kang-ho : Kim Ki-taek
Jang Hye-jin : Park Chung-seok
Choi Woo-shik : Kim Ki-woo
Park So-dam : Kim Ki-jeong
Lee Sun-ky

un : Park Dong-ik/Nathan Park
Cho Yeo-jeong : Choi Yeon-gyo
Hyun Seung-min : Park Da-hye
Jung Hyeon-jun : Park Da-song


SINOPSIS:
Ki-Taek (Song Kang-Ho) miskin dan menganggur. Dia tinggal bersama istrinya Choong-Sook (Jang Hye-Jin), putra Ki-Woo (Choi Woo-Sik) dan putrinya Ki-Jung (Park So-Dam) di apartemen semi-basement yang basah dan penuh serangga yang berpenghasilan rendah di daerah Seoul. Ketika Ki-Woo membawa temannya (Park Seo-Joon) ke toko terdekat untuk minum-minum, dia mengetahui bahwa temannya (yang akan belajar di luar negeri) meninggalkan pekerjaan bimbingan belajar pribadi yang bagus.

Temannya ingin Ki-Woo mengambil alih pekerjaan bimbingan sementara dia berada di luar negeri. Segera, Ki-Woo memasuki kehidupan keluarga Taman kaya, dengan keluarga Ki-Woo sendiri bersembunyi di pinggiran. Dengan siasat dan kepandaian merekapun dapat mengambil alih rumah keluarga Natha Park. Sayangnya hal itu juga mendatangkan malapetaka.

Parasite 9/10

Rafahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

Post a Comment