Perkara Servis Motor Cewek Wajib Tahu Delapan Hal Ini


rafahlevi.com - Hidup lagi capek-capeknya tiba-tiba motor mogok tengah jalan. Mood auto drop gak sih?Padahal kayanya baru servis motor. Apa iya diakalin? bener ga ya benerinnya? apalagi nih yang salah? bensin cepet amat abisnya? kok jadi ga enak yaa motornya? nahh jadinya overthinking kan.

Sementara pengetahuan tentang seluk beluk otomotif dan servis sangat minim. Banyak banget komponen motor yang perlu diketahui. Jadinya  paling panic attack dan serba salah kalau sudah waktunya servis motor atau ganti oli dan lain-lain. mesti nunggu cowok entah pacara, temen, adik, kaka atau ayah yang bantuin. Gak percaya aja sama diri sendiri bisa menyelesaikan perkara serivis motor.

Tenang, servis motor ga se-horor yang dibayangkan. Cukup mengetahui 8 poin penting yang perlu diperhatikan saat servis motor. Sebelumnya pahami dulu donk, servis itu apa sih?

Servis motor adalah pengecekan secara berkala yang diperlukan untuk mengetahui kondisi motor. Komponen yang dicek pastinya keseluruhan unit yang terpasang di motor kita, dari mulai saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan masih banyak lainnya. Simak satu persatu penjelasannya ya.

1.       Oli Mesin

Rasanya tidak ada satupun yang gak tau apa itu oli. even dia ga menggunakan motor pun sudah bisa dipastikan  semua orang tahu yang namanya oli motor. 

Ciri paling mudah untuk menegenalinya adalah bentuknya yang berupa cairan pelumas. Dimana bila telah digunakan akan berubah hitam pekat.Oli sangat penting dalam komonen motor karena sifatnya yang berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. 

Kok bisa? bisa donk ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester.yang diklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang oli ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.



2.      Oli Gardan

Saat ini jumlah penggunaan motor matic nyaris menyamai motor kopling. Pengguna motor matic tentu harus mengetahui bahwa motor matic perlu mengganti secara rutin oli gardan. Tak jauh berbeda fungsi oli gardan juga untuk melumasi. 

Hanya saja Oli gardan diperuntukan sebagai pelumas gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya pun menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan

3.       Busi

Busi merupakan komponen atau bagian motor yang memiliki fungsi sebagai pengubah aliran listrik koil menjadi percikan api. Melalui proses inilah mesin motor dapat menyala. Maka jiak busi di motor tidak berfungsi dengan baik maka suliat akan sulit menyala. Sebagai solusinya busi perlu diganti sesuai kebutuhan motor.

4.       Kampas Rem

Sebagai penegnadar motor. Meskipun kadang perempuan disebut “raja jalanan” tetapi tentu safety is must. Keselamatan dan keamanan dalam berkendara adalah yang paling diutamakan. Maka  salah satu komponen pada motor yang paling utama adalah kampas rem.

Sistem pengereman sangat menentukan keamanan dalam mengendarai motor. Jika kampas rem telah menipis akan mengakibatkan rem tidak berfungsi maksimal atau disebut pakem. Bila diabaikan akan beresiko terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu kampas rem perlu selalu mendapat pengecekan saat servis motor.

5.       Filter Udara

Selain keempat komponen diatas ada juga yang disebut filter udara. Filter udara berfungsi sebagai menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Filter ini diperlukan agar jangan sampai ada kotoran yang masuk yang akan meyebabkan penyumbatan pada sistem injeksi dan karburator.

Umumnya pemeriksaan filter udara akan dilakukan di awal sehingga mekanik akan memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau perlu penggantian.

6.       Aki atau Accu

Aki atau accu adalah komponen lain yang mudah dikenali karna bentuknya yang kotak.Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati dan 13,7 - 14,2 Volt bila menyala.

Aki dapat dikatakan bermasalah jika tegangantidak sesuai standar tersebut. Atau  ditemukan ada kebocoran, kondisi terminal berkarat maka biasanya mekanik akan melakukan pemeriksaan lebih detail.

Hal tersebut karena aki yang layak akan membantu pengendara menggunakan kendaraan motor dengan nyaman selama perjalanan.

7.       Ban

Siapa yang tak tahu namanya ban. Tentu saja ban adalah komponen utama sebuah kendaraan. Tanpa ban kenadaraan apapun tidak akan dapat dikendarai.  Karena itu sangatlah penting untuk memastikan ban dalam performa baik dan layak jalan.

Pemeriksaan perlu dilakukan secara berkala. Pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan, kelayakan ban (gundul atau tidak)

8.       Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen. Secara khusus tune up service mengutamakan pemeriksaan komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor.

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh mulai dari tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Planet Ban Bengkel Servis Motor Terbaik dan Recomended Versi Rafahlevi.com

Lalu Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban? 

Di Planet Ban servis motor berupa ganti oli menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet. Apalagi jika dipadukan pemakaiannya dengan spare part yang asli menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.

Ganti Oli Motor Matic mu cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km aja. kalo diasumsikan sekitar 4-6 bulan. Sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat. Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.

Kebanyakan bengkel pada umumnya ketika selesai melakukan servis masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT. akibatnya performa motor jadi terasa lebih berat.

Sementara jika servis motor di Planet Ban, seluruh bagian /part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru tanpa terkecuali. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Servis motor di Planet Ban bikin motor seperti mesin baru. sehingga tarikannya jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, bahkan membuat lebih hemat bahan bakar.

Menariknya Planet Ban punya special deal untuk semua servis motor yang lengkap. Biaya servis motor di ternyata sangat terjangkau. Untuk service motor injeksi hanya Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body hanya Rp20.000,-

Nah, sekarang bisa donk servis motor sendiri ga perlu nunggu cowok yang bantu servis. Jadi kapan nih terakhir kamu service motor hihihi. Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban aja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.***



 

 

 

Rafahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

15 comments

  1. Delapan pengetahuan dasar di postingan ini bisa membantu cewek-cewek buat mandiri saat harus melewati fase service motor sendiri. Btw Planet Ban tuh sekarang emang udah banyak banget cabangnya. Di deket rumahku pun ada. Meski harga servisnya terbilang murah, tapi kualitas servisnya emabg no kaleng-kaleng club, sih.

    ReplyDelete
  2. Yang pasti kunci dari "kesehatan" alat transportasi adalah soal perawatan yang rutin dan sesuai dengan kebutuhan. Kalau sudah dalam kondisi sehat, otomatis akan nyaman untuk dipakai. Mesin pun gak rewel dan mengganggu saat sedang digunakan.

    ReplyDelete
  3. Memang bener, cewek juga harus tahu tuh printilan mesin yang harus diservis. Biar engga dikadalin montir, mentang-mentang cewek, engga tahu apa-apa. Haha...kayak aku...Akhirnya aku kapok, biar suami aja yg pergi ke bengkel...

    ReplyDelete
  4. Duh aku klo urusan otomotif pasti kudet. Cm bisa pake tok! Tp stlh baca tulisan kak rafahlevi jd paham soal mekanik otomotif. Jd nambah wawasan banget.

    ReplyDelete
  5. Perawatan rutin untuk kendaraan memang tidak boleh diabaikan. Ibarat muka kita juga kalau pengen kinclong kan harus didempul setiap hari. Begitu juga mesin kendaraan, harus rutin dirawat ya

    ReplyDelete
  6. Planet ban dimana2 ada, bahkan dari rumah deket bgt, jadi service motor gampang sekarang ahaha. Pengerjaannya juga cepet.

    ReplyDelete
  7. Sungguh ini murah sekali biayanya, apakah ada di kota Medan?
    Kalau ada saya bakalan pindah sevise kesini deh...
    Khususnya saya yang seringnya terima bersih kalau service, (termasuk yang buta soal kendaraan) maunya service di tempat langganan aja yang bisa dipercaya

    ReplyDelete
  8. Setuju say, perempuan juga wajib tahu tentang seluk beluk sepeda motor
    Khususnya kalo dia menggunakan sepeda motor untuk mobilitas
    Dan penting banget tahu juga tempat service paling oke seperti Planet Ban

    ReplyDelete
  9. Terus terang aku taunya cuma isi bensin dan ganti oli hahaha. Tapi emang secara rutin motorku diservis sih, biasanya gak nunggu gak enak dulu, supaya mesinnya lebih terawat dan awet.
    Di dekat rumahku juga ada Planet Ban, jd kalau gak sempet ke bengkel resmi dari merek motornya aku melipir ke Planet Ban ini :D

    ReplyDelete
  10. Menurut saya, yang harus paham tentang "8 poin seputar servis motor" itu bukan hanya cewek... Cowok juga dong!
    Kemarin kejadian sama anak pertama saya (cowok) yang merantau untuk kuliah... Motornya tiba-tiba gak bisa distarter... ternyata kehabisan oli.... Saking sibuknya, sampai lupa ganti oli

    ReplyDelete
  11. Bener banget service motor memang harus menyeluruh. Apalagi motor yang udah berumur lama, terpenting ganti oli rutin menurutku penting agar gak turun mesin.

    ReplyDelete
  12. Cewek jangan hanya tahunya gas, rem motir aja atau diboncengin aja ya kak tanpa ingat untuk servis motor. Hal tersebut perlu dilakukan berkala nih, biar mesinnya tetep awet

    ReplyDelete
  13. Nah ini nih yang seringkali aku lupa. Punya motor cuma dipake manfaatnya aja, mesinnya gak diurus. Jadinya kena semprot suami deh. Noted nih tipsnya kudu diinget biar motor selalu tampil prima ya.

    ReplyDelete
  14. Punya motor memang harus dirawat ya mbak
    Agar kualitasnya tetap terjaga. Harus rutin di servis

    ReplyDelete
  15. Servis motor di Planet Ban ini jadi agenda wajib tiap motor butuh service. Selain melihat km atau jarak yang sudah digunakan, service menurutku jadi penting banget terutama pas memasuki musim hujan. Suka aga beraatt tarikannya kalau medannya berair. Hehhee.. dikata motor amphibi yaa.. abisan, kalo di Bandung medannya menantang beuuut~

    ReplyDelete

Post a Comment