Satu Dekade Indonesia Mendongeng Tumbuhkan Empati Anak Nusantara



rafahlevi.com -
 Satu Dekade ‘Indonesia Mendongeng’ siap digelar serentak di 57 titik di 17 provinsi, 29 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Program berkelanjutan Rumah Zakat untuk anak Indonesia yang telah digelar selama sepuluh tahun ini akan dihelat pada 25 Desember 2023 mendatang. 

Disampaikan oleh Kepala Divisi Humanitarian Rumah Zakat Al Razi Izzatul Yazid dalam press conference Jumat 22 Desember 2023 kemarin, Satu Dekade Indonesia Mendongeng sangat istimewa karena Rumah Zakat berkolaborasi dengan LKG TPQ Solo Raya akan menggelar Satu Dekade Indonesia Mendongeng di 57 titik Indonesia yang melibatkan total 30.000 anak Indonesia di musim liburan sekolah akhir tahun ini.

Puncak Satu Dekade Indonesia Mendongeng akan dipusatkan di Bandung dan Jakarta tanggal 25 Desember 2023 berlokasi di Taman Marga Satwa Ragunan dihadiri sekitar 1000 anak langsung. Selain itu Indonesia Mendongeng  juga akan dilaksanakan di kota Solo serentak di 29 titik.

Tahun ini Indonesia Mendongeng mengangkat tema “Santri TPQ Cinta Sesama dan Semesta”. Tema tersebut merepresentasikan upaya Rumah Zakat dalam menumbuhkan rasa empati, semangat berbagi dan kepedulian anak-anak terhadap yang membutuhkan.

Melalui pendekatan dongeng Rumah Zakat berupaya membangun rasa empati dalam diri anak-anak, membangkitkan kepedulian terhadap sesama terutama saudara-saudara yang saat ini berada dalam kondisi berkonflik seperti di Palestina.

“Tahun ini anak-anak diajarkan berbagi. Dongeng diceritakan sehingga muncul kesadaran. Konten dongeng diarahkan untuk mengedukasi dengan cara menarik seperti misalnya makan tidak habis diingatkan bahwa ada saudara dan teman yang mungkin tidak leluasa seperti kita disini karena mereka mengalami konflik“ papar Chief Program Officer Rumah Zakat Muhammad Sobirin di kantor Cabang Rumah Zakat Jalan Turangga Kota Bandung.

Sobirin menambahkan pada prinsipnya Rumah Zakat berperan menjembatani  antara mustahiq dan muzakki serta menjadi ‘kurir’ kebaikan yang mengirimkan paket kebahagiaan.  Indonesia Mendongeng merupakan salah satu paket kebahagiaan tersebut yang dikirimkan untuk anak-anak nusantara.

Lebih lanjut Sobirin menyampaikan Rumah Zakat dengan tiga pilar utamanya yakni membahagiakan, memberdayakan dan menyelamatkan menjadikan pendidikan adalah sebagai kebahagiaan batiniah bagi anak-anak Indonesia.

Satu Dekade Indonesia Mendongeng akan melibatkan para pendongeng profesional, guru serta relawan komunitas pendongeng anak. Dengan jumlah peserta 30.000 anak se Indonesia dan ratusan pendongeng anak puncak Satu Dekade Indonesia Mendongeng ini juga telah didaftarkan ke Museum Rekor Indonesia (MURI). 

Inisiasi program Indonesia Mendongeng pertama kali dicetuskan 25 Desember 2013 di kota Solo. Pada saat itu Indonesia Mendongeng baru dilaksanakan di 27 titik dan dilakukan oleh komunitas pendongeng di Solo bersama LKG TPQ Solo Raya dengan nama Solo Mendongeng. Seiring perkembangan setiap tahunnya yang semakin besar dan luas kegiatan ini kemudian berubah menjadi skala nasional dengan nama Indonesia Mendongeng.

Dalam perjalanan satu dekade Indonesia Mendongeng tidak dipungkiri menemui berbagai tantangan. Meski demikian Kepala Divisi Humanitarian Rumah Zakat Al Razi Izzatul Yazid mengapresiasi konsistensi dan komitmen para relawan dalam persiapan hingga pelaksanaan kegiatan puncak Satu Dekade Indonesia Mendongeng. Format Indonesia Mendongeng tetap sama setiap tahunnya sejak 10 tahun lalu, namun selalu mengangkat tema-tema yang berbeda. 

“Mengingat saat ini saudara saudara kita di Palestina sedang berjuang mempertahankan tanah tumpah darah mereka. Dan kita selaku ummat muslim, perlu bersuara dan berdoa untuk keselamatan saudara saudara kita di Palestina. Oleh karenanya di edisi satu dekade ini kami juga mengajak para santri dan anak anak Indonesia untuk menyisihkan sebahagiaan harta untuk infak terbaiknya untuk Palestina,” ungkap Al Razi Izzatul Yazid selaku Kepala Divisi Humanitarian Rumah Zakat. 

Bantuan untuk Palestina

Hingga saat ini Rumah Zakat sudah menyalurkan bantuan 32671 paket makanan siap saji, 1515 paket obatan-obatan ke RS Gaza, 2472 paket food basket, 180 pakaian musim dingin, 207 Hygiene kits, 3640 kaleng kornet Superqurban, 3 truk kontainer bermuatan full logistik dari Cairo-Gaza, 3.500.000 ltr air bersih, dan ⁠2 titik desalinasi air laut.

Untuk pekan 3 dan 4, Rumah Zakat akan menyalurkan 10.000 makanan siap saji, 1000 food basket, 2400 sandang musim dingin, 2 titik Aksi siaga sehat, 1 unit Ambulance, dan 2 unit Desalinasi Air Bersih.*** (Reza Fahlevi)


Reza Fahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

Post a Comment