Mengenal Istilah Silent Majority Pemilih Yang Tak Terdeteksi Survey

Setelah hasil penghitungan cepat (Quick Count) pilpres 2024 menunjukkan pasangan nomor urut 02 Prabowo - Gibran berhasil menang tebal dengan angka diatas 55% jagat maya menjadi ramai dengan munculnya istilah Silent Majority

Raihan angka suara tersebut terbilang tajam dan tebal mengingat beberapa survey terakhir menunjukkan adanya kenaikan potensi suara di kubu Anis Muhaimin. Meski telah diprediksi akan memimpin, tetapi tidak sedikit yang takjub dengan perolehan suara Prabowo Gibran. Hasil mengejutkan Prabowo - Gibran menang telak satu putaran.

Salah satu yang trending di linimasa X dan berbagai platform media sosial adalah silent majority. Kaum silent majority ini dianggap sebagai faktor penentu tebal dan unggulnya suara pemilih Prabowo Gibran dalam pertarungan pilpres tahun ini.

Secara sederhana silent majority adalah pemilih mode senyap. Mereka adalah kelompok pemilik hak suara yang mengikuti setiap perkembangan pemberitaan di media sosial maupun media informasi namun minim reaktif dan cenderung mengamati. 

Sikap silent majority tidak secara vokal atau frontal melakukan berbagai gesekan opini antar kubu baik dalam mendukung atau meng-counter lawan. Silent majority merupakan pemilih dengan sikap mager ribut hemat energi untuk pencoblosan.

Pada fakta ini kubu Prabowo Gibran diuntungkan dengan hadirnya kaum pemilih silent majority di barisan pendukungnya. Mereka yang mendukung namun memilih diam dan mengamati selama berselancar di media sosial tidak terdeteksi jumlahnya sehingga luput dalam pemetaan pemilih lawan. Sehingga pada hari pemilihan, pendukjng yang selama ini memilih senyap secara masif muncul dalam bentuk dukungan suara lewat pencoblosan. Talkless Do Action

Maka tidak dipungkiri pemilih santai seperti silent majority memilih menunggu tanggal 14 dan nyoblos daripada bertarung debat di dunia maya. Pastinya silent majority menjadi sebuah kekuatan tak terkalkulasi yang membuat Prabowo Gibran menang tebal di berbagai wilayah. 

Pemilih jalur silent majority ini biasanya adalah anak muda yang gemar menghemat energi untuk kegiatan yang dianggap 'toxic' dan menguras energi seperti war di media sosial. Dengan kata lain silent majority atau silent reader adalah elemen pemilih dalam mode senyap tanpa ribut-ribut.

Selamat Prabowo Gibran, waktunya kerja keras untuk Indonesia Emas di masa depan.

Rafahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

Post a Comment