FESTIVAL FILM BANDUNG KE-33

9 comments

Creative Stay Unlimited

Malam Puncak Festival Film Bandung 2020 akhirnya sukses digelar Sabtu 14 November 2020 lalu. Meski masih dalam situasi terbatas akibat pandemi Covid 19, Festival Film Bandung tetap konsisten dan profesional menyelenggarakan ajang penghargaan tahunan yang mengapresiasi insan-insan perfilman dan pertelevisian negeri ini. Kali ini Gedong Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung dipilih sebagai tuan rumah diselenggarakannya hajatan Festival Film Bandung ke 33. 

Sesuai dengan tema Creative Stay Unlimited yang diusung, Acara yang dipandu3 langsung oleh Raja Lubis dan Nenden Yayu Destiana ini dilakukan dengan dua konsep sekaligus secara virtual dan konvensional. Seluruh tamu undangan dan partisipan yang hadir wajib mengikuti protokoler kesehatan yang ketat, salah satunya melakukan Rapid Test sebelum bisa masuk ke area acara. Dalam bemtuk yang lain antusiasme masyarakat dan para pekerja film dan pertelevisian pada FFB juga terlihat dari banyaknya viewers yang bergabung di live streaming official channel youtobe Festival Film Bandung selama acara berlangsung yang melebihi angka 5000 viewers.

Banyak Kejutan


Selain konsep acara yang lain dari biasanya ada bagian menarik lainnya di FFB ke 33 tahun ini, adalah hilangnya tiga kategori film televisi dari penilaian  Tim Pengamat FFB yaitu : Film Televisi Terpuji, Sutradara Film Televisi Terpuji dan Penulis Skenario Film Televisi Terpuji. Padahal sepanjang periode penilaian 1 Agustus 2019 hingga 31 Agustus 2020 ada sekitar 133 film televisi yang diamati. Bukan jumlah sedikit, namun nyatanya menurut persfektif Ketua Umum Forum Film Bandung Eddy D Iskandar kuantitas sebanyak itu tidak sejalan dengan kualitas film televisi yang ditayangkan. Meski demikian Festival Film Bandung tetap memberikan apresiasi pada totalitas para aktor film televisi dengan tetap melakukan penilaian pada dua kategori film televisi lainnya yakni Pemeran Utama Wanita Film Televisi Terpuji dan Pemeran Utama Pria Film Televisi Terpuji. 

Kejutan lain adalah dari Serial Televisi. Ada nama aktor muda berbakat Rey Bong yang mencuri perhatian karena berhasil menyabet gelar Aktor Utama Serial Televisi Terpuji. Ini tentu saja menjadi sebuah kejutan karena Rey Bong dinominasikan dalam kategori tersebut bersama para seniornya bahkan sekelas Rhoma Irama. Sejalan dengan keberhasilan Rey Bong, Serial Televisi yang dibintanginya bertajuk Dari Jendela SMP juga berhasil meraih  penghargaan sebagai Serial Televisi Terpuji.

Bumi Manusia: Benar-Benar Terpuji 

Dari ranah film, Film adaptasi novel legendaris karya Pramoedya Ananta Toer Bumi Manusia berakhir  happy ending dengan memborong lima piala sekaligus dalam ajang penghargaan yang telah berlangsung 33 tahun ini. Kelima kategori yang berhasil diraih tersebut adalah Aktor Pria Terpuji, Sutradara Film Terpuji, Penulis Skenario Terpuji, Penata Kamera Terpuji dan Film Bioskop Terpuji. Sementara penghargaan spesial  Lifetime Achievement tahun ini deberikan pada dua tokoh film sekaligus yakni Embi C Noer seorang legenda komposer musik film Indonesia dan aktor senior Farida Pasha.



Selamat kepada seluruh penerima penghargaan Terpuji di Festival Film Bandung.

Juga sukses dan jaya terus kepada Festival Film Bandung dan Forum Film Bandung sebagai regu pengamat film dan televisi yang telah bekerja sepanjang tahun ini.

Berikut daftar peraih penghargaan Terpuji dari Festival Film Bandung 2020 :

  1. PemeranUtama Pria Terpuji Film Bioskop : Iqbaal Ramadhan (Bumi Manusia)
  2. Pemmeran Utama Wania Terpuji Film Bioskop: Jessica Mila (Imperfect)
  3. Sutradara Terpuji Film Bioskop: Hanung Bramantyo (Bumi Manusia)
  4. Penulis Skenario Terpuji Film Bioskop8 : Salman Aristo (Bumi Manusia)
  5. Penata Artistik Terpuji Film Bioskop: Wencislaus De Rozari (Gundala)
  6. Penata Editing Terpuji Film Bioskop: Wawan I Wibowo ( Habiebie Ainun3)
  7. Penata Kamera Terpuji Film Bioskop: Ipung Rachmat Syaiful (Bumi Manusia)
  8. Penata Musik Terpuji Film Bioskop: Ifa Fachir & Dimas Wibisana (Imperfect)
  9. Serial Televisi Terpuji : Jendela Dari SMP
  10. Pemeran Wanita Terpuji Serial Televisi : Adinda Azani (Insya Allah Surga)
  11. Pemeran Pria Terpuji Serial Televisi : Rey Bong (Jendela Dari SMP)
  12. Pemeran Pembantu Pria Terpuji Film Bioskop : Jefri Nichol (Habiebie Ainun 3)
  13. Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Film Bioskop : Cristine Hakim (Perempuan Tanah Jahanam)
  14. Pemeran Pria Terpuji  Film Televisi: Ibnu Jamil (Rahasia Istri)
  15. Pemeran Wanita Terpuji Film Televisi: Meta Permadi (Suamiku di Hari Biasa Suaminya di Hari Libur)
  16. Sutradara Terpuji Serial Televisi: Rudi Aryanto (Putri Untuk Pangeran) dan Yogi Yose (Pesantren Rock n'Dut)
Lifetime Achievement: Farida Pasha dan Embie C Noer

8 Film impor Terpuji:

1. 1917

2. Ford VS Ferarri

3. Knives Out

4. Little Women

5. Once Upon A Time in...Hollywood

6. Weathering With Young

7. The Peanut Butter Falcon

8. Chhichhore



Rafahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

9 comments

  1. wiiih mantap bumi manusia dapet banyak penghargaan ya, seru bisa menyaksikan langsung teh

    ReplyDelete
  2. Waaa teh, kayanya seru banget yaa..seneng deh bisa dateng ke event event gini langsung..kapan lagi cobaa

    ReplyDelete
  3. senangnya bisa jadi bagian acara ini ya , acara annualy yang terthebest menurut aku ,, Bandung ditu lho

    ReplyDelete
  4. Bumi Manusia memang keren yah, pantas mendapatkan banyak penghargaan nih.

    ReplyDelete
  5. Iqbal menang dong keren. Aku nonton bumi manusia sedih endingnya huhu

    ReplyDelete
  6. Sempat ikut acara FFB secara langsung memang seru ya menantikan detik2 terpilihnya salah satu nominator jadi pemenang hehe... AKu sula film Bumi Manusia, Iqbal memang bagus main di situ ...

    ReplyDelete
  7. seneng bgt sama produksi pelem tanah air sekarang2 ini makin bagus aja dan kualitasnya ga kalah saing sama produksi pelem luar.

    ReplyDelete
  8. waaa gak heran film film ini menang memang cerita akting dan semuanya bagus. semoga industri perfilman nasional terus berkembang dan berjaya

    ReplyDelete

Post a Comment