5 PROGRAM TELEVISI TERBAIK YANG PERNAH INDONESIA PUNYA


Apa kata pertama yang terlintas dipikiran kalian saat ini jika ditanya soal program televisi bermutu dan menghibur? Mungkin butuh beberapa saat untuk menelaah apa pertanyaanya masih relevan dengan situasi mutu industri televisi saat ini. 

Agak berat memang melihat program televisi di Indonesia saat ini yang terasa monoton, serèt inovasi dan gebrakan baru. Booming sinetron semua membuat sinetron dengan tipikal ide cerita yang sama.  Variety show dengan konten homogen hampir di semua stasiun televisi. Lebih dari itu televisi justru memberikan panggung yang leluasa untuk toxic issue, toxic people yang nol prestasi, tebar sensasi dan mengumbar aib. 

Acara televisi Indonesia memang tak melulu minim prestasi. Program - program yang tetap menjaga kualitasnya ada tapi tak sebanding dengan yang berkebalikannya. Rasa rindu pada program televisi yang bermutu dan menghibur. Sederhana namun related dengan nilai-nilai kehidupan. Melawak tapi tidak menjatuhkan. Mendidik bukannya toxic.

Berikut ini 5 program televisi lawas yang selalu menghiasi layar kaca, terbaik pilihan pemirsa dan selalu dirindukan kehadirannya versi  Rafahlevi.com

1. KELUARGA CEMARA


Rasanya anak tahun 90an merasa mereka adalah keluarga fiktif paling relate dengan kehidupan masyarakat kita sepanjang masa. Sinetron Keluarga Cemara musim 1996 hingga 2003 tayang di RCTI, rasanya bangga menjadi penonton setia dan penikmat sinetron ini. Turut mengikuti perjalanan hidup keluarga Abah yang tadinya kaya menjadi sederhana. Sinetron berkualitas yang setiap harinya ditunggu penyangannya. 

Bersahaja, sarat nilai-nilai kehidupan, dan pastinya menghibur. Meski sinematografi tidak secanggih hari ini, tapi sinetron memorable KELUARGA CEMARA adalah legenda. Akting para pemain yang natural selalu membuat cerita tertutur alami dan pesan tersampaikan mulus ke hati penonton. Keluarga Cemara menjadi refresentatif keadaan sebuah keluarga di tengah masyarakat kita pada umumnya. Bagaimana kemudian dari Opak penonton tak bisa melepas kesan pada perjuangan hidup dan rasa syukur yang sesungguhnya. 

Diperankan oleh Almarhum aktor senior Adi Kurdi sebagai Abah, Lia Waroka sebagai Emak kemudian digantikan oleh Novia Kolopaking, Ceria Hade sebagai Euis, Anisa Fujianti sebagai Ara dan Pudji Lestari sebagai si bungsu Agil. Sinetron legenda ini juga sempat difilmkan dengan suasana baru dengan tokoh Abah yang diperankan aktor Ringgo Agus Rahman. Ada yang rindu nonton mereka di tivi lagi?


2. EXTRAVAGANZA 


Sketsa komedi Extravaganza ini mungkin adalah salah satu sketsa terbaik dan paling menghibur yang pernah tayang di negeri ini. Disiarkan pertama kali Mei 2004 oleh stasiun tivi Trans TV, Extravaganza musim pertama berhasil bertahan selama lima tahun dengan durasi tayang seminggu tiga kali. Mengangkat berbagai tema sebagai ide cerita berbeda di setiap sketsa mulai dari kisah legenda, kehidupan sehari-hari hingga film dan isu-isu yang tengah hangat dibicarakan publik. 

Dengan kemampuan berseni peran dan laku komedi yang natural tanpa gimik dari para pemainnya, setiap ide skenario menjadi terasa sangat jenaka dan ringan menghibur masyarakat. Dari program ini juga nama-nama besar mulai dikenal masyarakat seperti Tora Sudio, Aming, Indra Birowo, Ronal Surapradja, Mieke Amalia, dan Virnie Ismail. Konsep yang out of the box, adlib maupun improvisasi spontan para pemain di panggung sketsa sudah pasti berhasil menggelar gelak tawa dan riuh tepuk tangan penonton. 

Sukses lima tahun mengudara, Sketsa Extravaganza berakhir tahun 2009. Kemudian dilanjutkan oleh Extravaganza ABG dan New Extravaganza. Meski sudah beberapa kali dibuat season spin outnya, tapi belum bisa menyaingi kepopuleran Extravaganza season pertama.


3. MTV AMPUH


ABG jaman sekarang ngalamin gak yaa punya binder isinya lirik lagu semua? Terus seminggu sekali mantengin MTV Indonesia buat nonton program musik 20 tangga lagu terbaik minggu ini berharap lagu kesukaan bercokol dipucuk no.1 dan diputerin full gak terpotong iklan. Aghhh...rasanya gak lagi sereceh itu spent time weekend anak jaman now tuh.

Jaman-jaman MTV 100% AMPUH adalah jaman dimana jadi VJ adalah sebuah kekece'an maha gokil. Anak muda pada jamannya yakin MTV Ampuh adalah program paling asik dan seru buat ditongkrongin sambil nyuci sepatu sekolah. Banyak artis dan presenter terkenal lahir dari awal karir sebagai VJ MTV. Beberapa yang terkenal adalah Jamie Aditya, Sarah Sechan, Ari K Untung, Rianti Cartwright, Nirina Zubir, Herjunot Ali, Marissa Nasution dan masih banyak lagi.

Rindu rasanya menikmati program 100% musik dengan konsep anak muda yang segar tanpa gimmick dan kesan alay seperti sekarang ini. Mungkinkah?
Yakin dehh... Sitkom Tetangga Masa Gitu adalah sitkom favorit lintas generasi. Dari anak kecil, anak muda sampai anak yang sudah menua suka banget nontonin kehidupan absurd rumah tangga fiktif couple senior dan junior ini. Penonton selalu dibuat geregetan sekaligus heran dengan kelakuan bertetangga antara pasangan suami istri Angel dan Mas Adi yang sudah nikah bertahun-tahun dengan pasangan muda just married Bastian dan Bee alias Bintang yang so cute and also always spread love all the time.

Sitkom ringan ditonton ini diperankan aktor Dwi Sasono, Sofia Latjuba, Deva Mahendra dan Chelsea Islan. Menyaksikan cerita kehidupan bergetangga sehari-hari mereka yang kocak, meresahkan tapi tetap selalu kompako di jam primetime menjadi mood booster tersendiri dalam mengembalikan energi yang hampir habis usai beraktifitas seharian.

Tetangga Masa Gitu tayang hingga tiga season di chanel yang sama yakni NET TV. Jalan ceritanya ringan dan segar, konsep setting yang modern, para aktor yang berpengalaman, fix Tetangga Masa Git adalah sitkom terbaik yang pernah tayang di televisi Indonesia hingga saat ini.

5. MATA NAJWA


Di negeri ini rasanya tidak ada yang tidak mengenal presenter sekaligus jurnalis cantik nan cerdas Najwa Shihab. Mengawali karir jurnalistiknya sebagai reporter di stasiun televisi Metro TV, di tahun 2009 ia kemudian dipercaya memiliki program talkshow sendiri dengan tajuk menggunakan namanya, MATA NAJWA. Mengudara pertama kali pada 25 November 2009 pukul 20.00 WIB. Meski sempat jeda dan kini telah berpindah 'rumah' ke TRANS7 namun hingga hari ini MATA NAJWA masih menjadi program talkshow terbaik, dipercaya dan dinantikan terus penayangannya oleh masyarakat. 

Narasi dan karakter program Mata Najwa yang berani, cerdas dan tajam mampu menarik perhatian masyarakat. Siapapun bintang tamunya sebagai pemandu acara Najwa Shihab selalu mampu menukik lawan bicara sampai ke sudut kejujuran hingga tidak punya celah sekedar untuk menelan ludah. Menonton Mata Najwa mentriger penonton berfikir cerdas dan kritis. 

Mata Najwa dianggap sebagai penghubung paling taktis antara masyarakat dengan pemerintah dalam situasi-situasi krusial. Keberanian dan wawasannya yang luas menjadikan seorang Najwa Shihab sebagai wakil suara rakyat sesungguhnya untuk berbicara pada mereka yang seharusnya mendengarkan. Siapa bangga Indonesia punya program talkshow terbaik satu ini?


Sebagai penonton, masyarakat Indonesia tetap memilih televisi sebagai pilihan utama mencari penghiburan. Meski platform nonton online bermunculan dan berbagai konten hiburan di macam-macam aplikasi kreator menjamur namun televisi dan program-programnya masih menjadi media yang menyatukan masyarakat dan anggota keluarga di rumah. Tak salah rasanya bila publik masih menantikan hadirnya tayangan yang memperhatikan kualitas dan menghibur tentunya.

Bandung.

Comments

  1. Aku suka tuh Keluarga Cemara dan Tetangga Masa Gitu. Sayang Tetangga Masa Gitu cuma sebentar yah...
    Acara-acara yg dikenang sepanjang masa gitu, masih ada ga sih yg kira-kira setara. Soalnya aku yaa sekarang jarang nonton TV juga sih...wkwkwk

    ReplyDelete
  2. semua favorite saya, keluarga cemara bikin nangis dan layak di contoh. Yang paling kocak extravaganza yg melambungkan byk artis terkenal slhstunya Tora sudiro

    ReplyDelete
  3. Wah, MTV Ampuh. Saya ingat dulu pernah dibawain Shanti, juga Sarah Sechan. Asik banget nikmatin musik terkini di sana.

    ReplyDelete
  4. semua acara udah almarhum ya? Kecuali mata najwa yang pindah stasiun

    kangen nih dengan wajah-wajah ucul extravaganza :D :D

    ReplyDelete
  5. Tetangga Masa Gitu lucccuuuuu ga ada obat
    sukak banget dgn 4 karakter utama di sitcom itu.
    semogaaa, bakal ada sitcom kayak gini lagiii

    ReplyDelete
  6. Keluarga Cemara dan Extravaganza suka daku tonton. Kepikir Si Doel Anak Sekolah masuk list kak, itu juga tayangan kece hehe

    ReplyDelete
  7. wah beneran mbak, semua yg ditulis disini aku suka...apalagi mtv
    aku anak mtv, hehe

    ReplyDelete
  8. Dulu juga seneng banget nonton Tetangga Masa Gitu. Soalnya ringan dan menghibur. Apalagi aktinya Mas Dwi Sasono nyebelin abis haha

    ReplyDelete
  9. dulu televisi adalah hiburan yang sangat menarik. walaupun pulang sekolah cuma nonton wok with yan dengan kelihaian menggunakan pisau dan panci air rebusnya. Karnaval Amerika dengan badut mickey dan donald duck udah seneng banget. hehe...

    tapi sekarang malas nonton tv. lebih senang nonton drakor dan youtube. entahlah, kenapa begitu. berhadapan dg TV kok kaya malas bgt.

    ReplyDelete
  10. Diantara semua di atas yang paling saya suka itu KELUARGA CEMARA. Sinetron yang sangat berbeda dari semua yang pernah dibuat oleh para sineas kita. Atmospherenya membumi dengan cerita-cerita yang sarat dengan makna kehidupan. Semoga program seperti ini akan muncul lagi ya

    ReplyDelete
  11. Hahahhaa, ini semua menemani masa kecil dan masa remajaku nih tayangan TVnya, duh ketauan kan angkatan berapa nih aku hahahha

    ReplyDelete
  12. Keluarga cemara kisah keluarga sederhana saling membantu dan menolong satu dengan lainnya

    ReplyDelete
  13. Srimulat juga keren pada masanya dan seingatku ada acara anak tiap minggu pagi saat masaku kecil yang juga mendidik dan menghibur. Yang disebutkan di artikel memang juara juga sih 😊 keluarga cemara paling memorial

    ReplyDelete
  14. dari semua acara tv di atas.. aku belum pernah nontoh Tetangga Masa itu.
    Paling berkesan sama Keluarga cemara. Nonton serial ini pas masih SD.
    Kalo yg lain masih kadang2 aja liatnya di youtube.

    ReplyDelete

Post a Comment