GAYA LIBURAN SERU DAN ECO FRIENDLY DI JOGJAKARTA

14 comments

Saat ini sudah banyak diantara kita yang peduli dengan keberlangsungan kelestarian lingkungan. Banyak banget cara untuk memberi sumbangsih kecil untuk dampak yang besar. Termasuk saat kita sedang melakukan perjalanan dinas atau liburan sekalipun. Apa saja ya yang bisa kita terapkan saat berlibur supaya tetap seru tapi ramah lingkungan juga.


1. Berjalan kaki
Berjalan kaki salah satu olah raga yang tidak terasa olah raga. Apalagi jika itu dilakukan sambil menikmati pemandangan kota alias city walk. Aktifitas liburan eco friendly yang bisa dilakukan salah satunya adalah berjalan kaki menyusuri jalan malioboro. Dibandingkan berkendara dengan berjalan kaki santai kita lebih bisa mendapatkan susasana malioboro lebih utuh tanpa terburu-buru. Sesekali duduk di selasaran maliboro menikmati hiruk pikuk suasananya akan menambah pengalaman tersendiri ketika kita liburan di kota ini. Beberapa spot juga jadi lebih tereksplor ketika kita mampir masuk seperti teras malioboro, masjid agung malioboro yogykarta dan pasar beringharjo.
Sekitar 700m dari jalan malioboro kota bisa lanjutkan jalan kaki menuju stasiun tugu dan tugu jogja yang ikonik.

2. Membawa tumbler
Berjalan kaki atau berkendara tentu semua aktifitas liburan kita akan memerlukan asupan cairan lebih dibanding aktifitas biasanya. Jangan biarkan kakimu terbiasa masuk supermarket sekedar membeli minum. Mulai dari hal sederhana, mulailah biasakan membawa bekal minum menggunakan botol minum pribadi. Selain membantu mengurangi sampah plastik dari kemasan air mineral atau minuman berasa yang kamu beli, dengan ini kamu bisa memberikan alternatif tubuh dengan minuman sehat lainnya seperti infuse water. Lebih sehat dan segar kan.


3. Gunakan tote bag
Liburan tak afdol kalau tidak belanja. Oleh-oleh untuk keluarga dan juga titipan dari teman-teman pasti membuat banyak tentengan di tanganmu. Kalo sudah begitu jangan biarkan tote bag mu tak lagi berguna. Siapkan tote bag untuk mengakomodir semua belanjaanmu yang segudang itu. Sikap kecil dan sederhana mu ini bisa mengurangi kemungkinan banyaknya sampah plastik yang akan kamu hasilkan bila membeli oleh-oleh dari berbagai tempat dan belasan toko oleh-oleh. Bijak banget kan..


4. Gunakan fasilitas hotel seperlunya
Liburan di luar kota sudah pasti kamu akan menggunakan penginapan untuk tempat akomodasimu. Konsistenkan liburan seru dan eco friendly mu dengan cara menghemat energi listrik selama kamu tinggal. Matikan lampu saat tidak digunakan, gunakan air secukupnya, nyalakan televisi hanya saat kamu menontonnya dan saat kamu berada di resto hotel untuk sarapan, lunch atau makan malam biasakan mengambil isi piringmu sesuai dengan ukuran makanmu. Agar tidak banyak makanan yang mubazir tak termakan dan menjadi limbah.

5. Gunakan transportasi umum
Untuk kalian yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi cobalah untuk sekali-kali merasakan vibes berangkutan umum. Bisa menggunakan KAI jarak jauh, KRL untuk yang jaran dekat dan selama di wisata di kota Jogja manfaatkan transportasi umum seperti Trans Jogja, becak dan andong atau delman.

Selain mengurangi emisi polusi kendaraan akibat bahan bakar kendaraan. Pilihan menggunakan transportasi umum dapat sedikit menurunkan tingkat kemacetan akibat menumpuknya kendaraan. Lebih dari itu menikmati kota Jogja sambil naik delman atau becak bisa jadi pengalaman seru yamg makin memvalidasi liburan serumu di kota Jogja yang mungkin tidak kamu temukan di kota asalmu.

Nahh itu dia beberapa tips liburan seru yang tetap ramah lingkungan yang bisa kamu coba saat berlunjung ke kota Jogja. Sebenarnya liburan seru dan eco friendly ini bisa kamu terapkan dimana saja karena pada dasarnya kesadaran menjaga lingkunga agar tetap lestari harus kita lakukan dimanapun dari hal sekecil apapun. 
Rafahlevi
Single mom of two. Founder Xalshe Media Creative. Now working as an editor, film scriptwriter and content creator. An ambivert who loves watch and write all the time. Self improvement enthusiast. Bussiness/Collabs enquiries rafahlevi.ez@gmail.com

Related Posts

14 comments

  1. wah pengennnn....
    Udah lama berencana ke Solo dan ke Jogja untuk menjenguk anak dan tante yan g sakit
    Tapi nyari kesempatan untuk booster, yang untun glah kemarin tuntas

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah nih liburan pakai transportasi umum. Apalagi yang jauh. Padahal impian juga nih, dan menarik sih, kita bisa punya lebih banyak cerita, bisa menikmati bagaimana transportasi umum di daerah lain

    ReplyDelete
  3. Nah, saya suka sekali ngebolang dengan cara ini, Mbak. Misalnya pas ke Yogya, saya selain jalan kaki ke Malioboro, juga naik transjjogya. Begitu juga saat ke Solo. Dari penginapan saya, saya ke benteng, terus ke pasar Klewer jalan kaki. Kemudian yang jauh, saya naik trans Solo juga. Kota lain juga begitu, saat ke Surabaya dan Makassar. Hemat dan ikut menjaga lingkungan.

    ReplyDelete
  4. Ih kok kebetulan banget. Aku dah berhari-hari ngajakin suami road trip ke Jogjakarta. Apalagi sekarang kan sudah ada tol Cipali. Relatif jadi lebih dekat dari rumah ku di Cikarang. Saya tuh pengen banget walking tour dan menjelajah beberapa pantai yang hits di Jogjakarta. Plus menyusur produksi batik. Pasti asik banget deh.

    ReplyDelete
  5. Liburan seru yang membahagiakan karena tidak hanya melepas lelah tetapi juga tidak meninggalkan jejak buruk alias sampah sembarangan ya. Apalagi juga traveling itu asiknya yang bisa sekaligus merawat lingkungan tempat wisata yang kita datangi, minimal gak buang sampah deh ya

    ReplyDelete
  6. Saya melihat emang anak2 kuliah dan sekolah, belanja, liburan, bahkan masyarakat umum yang kemana2 pake tote bag karena memang lebih praktis dan bisa ikut menjaga lingkungan ya... Makasih artikelnya yang bagus sekali..suka kalo bahas lingkungan..

    ReplyDelete
  7. Aku sangat terkesan dengan artikel ini. Ini adalah cara yang bagus untuk menikmati liburan tanpa banyak dampak lingkungan. Jadi pengin coba beberapa aktivitas yang disarankan untuk melakukan liburan yang lebih ramah lingkungan, apalagi bisa sambil bawa tumbler dan lebih banyak jalan kaki. Jadi lebih sehat ya.

    ReplyDelete
  8. Udah lama juga nih ga liburan, tipsnya bisa nih jadi inspirasi biar ikut kontribusi pada lingkungan. Pastinya akan sangat bermanfaat meskipun kecil ya

    ReplyDelete
  9. Udah lama banget nggak ke Yogyakarta. Paling inget keseruan jalan-jalan ke Malioboro. Makan juga murmer ya di Sana. Belanja baju or merchandise juga harganya terjangkau

    ReplyDelete
  10. Selain bawa tumbler aku juga bawa bekal biasanya. Meminimalisir beli snack biar nggak nyampah.

    ReplyDelete
  11. Belum pernah ke Jogja sih, mbak
    Tapi kalau nerapin gaya liburan yang eco-friendly kayak yang disebutkan di atas aku juga sering nerapin kalau lagi liburan ke luar kota
    Cuman, kadang yang masih sering lalai tuh bawa tumbler sendiri, -_-

    ReplyDelete
  12. Kadangkala kalau sudah cape di hotel, rasanya badan kembali segar dengan mandi menggunakan air hangat. Yang parah tuh. suka rada lamaaa menikmati air hangat ini. Jadi gak eco friendly ya.. Heuheu...

    ReplyDelete
  13. Boleh juga nih ide liburan eco friendly-nya. Seru juga ya..semoga nanti bisalah jalan2 juga ke Jogja. Belum pernah ke sana soalnya hehe

    ReplyDelete
  14. Udah lama pengen ke Jogja dan belum kesampean. Semoga suatu saat bisa terbang kesana yah. Terimakasih juga untuk tips nya ya mba..

    ReplyDelete

Post a Comment